oleh

Tari Persaudaraan Madura Meriahkan Pawai Seni dan Budaya Kelurahan Kalipang Blitar

BLITAR,newskabarindonesia.com : Persembahan tari persaudaraan dengan tema tari daerah Madura yang menggambarkan seorang tokoh kerajaan Majapahit bernama Wiraraja sebagai perwujudan nguri – nguri ( melestarikan, Red ) menjadi suguhan menaril pada Pawai Seni dan Budaya Bersih Kelurahan Kalipang Kecamatan Sutojayan di Kabupaten Blitar pada Minggu ( 23/09/2018 ).

Ribuan masyarakat Lodoyo dan sekitarnya tumplek blek mengikuti suguhan tontonan pawai ini yang diselenggarakan dalam rangka Bersih Kelurahan Kalipang – Kecamatan Sutojayan, juga dalam rangka memperingati HUT ke 73 RI dan Hari Jadi Blitar yang ke 694.

Pawai seni dan budaya ini sebagai simbolisasi tontonan dan tuntunan bagi masyarakat khususnya dan bagi warga masyarakat kabupaten umumnya, menurut Lurah Kalipang, Abon Subianta menyatakan bahwa ” antusias warga masyarakat Kalipang Sutojayan benar – benar patut diberikan apresiasi dalam memberikan dukungan dalam kegiatan pawai ini dan menurutnya pawai ini akan menjadi agenda tahunan”, jelasnya.

Yang sangat menarik ada penampilan dari Lingkungan Bulu yang menggelar ritual tumpengan lengkap dengan menapilkan tanaman dan buah – buahan dari  hasil bumi petani dan mereka mempertunjukkan ritual ini pada pawai tersebut. Persembahan ritual sedekah bumi mereka kemas dengan pertunjukan yang dilambangkan dengan pewrsembahan lagu ilir – ilir yang dibawakan oleh ibu – ibu.

Ditempat yang sama persembahan dari peserta yang masih dalam Lingkungan Satriyan Madukara yang mempersembahan fragmen Si Malin Kundang ditampilkan sangat apik dengan nuansa Minangkabau, dimana dalam kisah ini menceritakan Si Malin Kundang yang durhaka terhadap Ibu Kandungnya dan dikutuk menjadi batu.(fen/hen/Red).

Facebook Comments

Komentar

News Feed