oleh

Tuntut Status dan Payung Hukum, Ratusan Guru dan Operatoor Sekolah Gelar Demo

BLITAR,newskabarindonesia.com : Aksi unjuk rasa besar-besaran oleh ratusan guru tidak tetap (GTT) tenaga kependidikan/PTT hingga tenaga operator sekolah berlangsung lancar. Rabu ( 26/9/2018 ).

Dalam aksi demo yang dipusatkan di Gedung DPRD Kabupaten Blitar para abdi negara itu menuntut kejelasan status dan payung hukum bagi mereka ketika dikemudian hari terdapat pemecatan sepihak oleh pihak sekolah.

Dalam orasinya, para operator sekolah di setiap sekolah menyampaikan keprihatinan terhadap kondisi yang mereka alami yang mana status sebagai tenaga kerja di bidang pendidikan payung hukumnya tidak jelas karena tidak tercantum dalam nomenklatur UU Sisdiknas serta jaminan kesejahteraannya tidak jelas dan bahkan bisa sewaktu – waktu diberhentikan sepihak oleh pihak sekolah seperti yang sudah dialami di daerah lain.

Dihadapan wartawan, Koordinator Lapangan dari FOPPSI Kabupaten Blitar, Darmanto, S.Kom menjelaskan bahwa ” kami para operator sekolah merupakan pekerja yang tidak memiliki payung hukum tetap karena aturan pekerjaan kami bersifat surut, yang mana instruksi kami langsung dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang harus kami kerjakan  ( sinkronisasi data, Red ) tanpa mengenal waktu sesuai batas yang ditentukan; karena kendala jaringan internet yang sulit dikerjakan pada siang hari; maka kami harus mengerjakannya di malam hari bahkan sampai pagi dini hari “, jelasnya.

” Sebagai tugas utama kami yaitu mulai mulai dari input data siswa, data sekolah dan juga tenaga pendidik serta data tenaga kependidikan lainnya yang pada akhirnya Kementerrian Pendidikan RI tinggal mengambil data yang kami kerjakan melalui proses sinkronisasi data dengan cepat dan murah”, imbuhnnya.

” Untuk itu kami sangat merasa terdzolimi dan sangat prihatin atas kebijakan pemerintah yang tidak pernah memberikan sumbangsih apa – apa terhadap kinerja kami. Sehingga di setiap lembaga sekolah posisi operator sekolah hanya semata – mata menjadi pelimpahan tugas Kepala Sekolah atas tugas tanggung jawab yang harus dikerjakan oleh operator sekolah.
Harapan dari para operator sekolah bisa mendapatkan perhatian dan kejelasan status dan memiliki payung hukum”, pungkasnya.(Fen/Hen/Red).

Facebook Comments

Komentar

News Feed