oleh

Peringati Bulan Suro, Warga Desa Sumber Arum Lampura Gelar Bersih Desa

Lampung Utara : Dalam rangka memperingati Bulan Muharam atau yang dikenal bulan Suro, (Suran) oleh Masyarakat Desa Sumber Arum, kecamatan Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara (Lampura), serentak melaksanakan gelar bersih-bersih Desa. Minggu (30/9/18)

Bersih bersih ini dimaksudkan untuk melestarikan budaya jawa yang dikenal dengan sebutan Bersih Desa. Rangkaian acara tersebut diantaranya bergotong royong masal, dilanjutkan dengan berdoa bersama menurut kepercayaan masing masing.

“Kegiatan Bersih Desa ini bertujuan menghormati, para pinisepuh (leluhur) sebelum kita ada, serta memanjatkan do’a bersama serta berkeliling kampung” ujar Gabriel Guntoro Kades Sumber Arum.

Ditambahkan Bintoro sapaan Akrapnya, “Suran” ini selain memanjatkan do’a dimaksudkan juga untuk mempererat tali Silahturahmi serta menjaga persatuan dan kesatuan B antar masyarat Desa Sumber Arum.

“Kegiatan ini, kita semua berdo’a meminta keselamatan, kesehatan, karena kita semua tau bahwasanya masyarakat SumberArum ini beragam umat beragama seperti Kristen, Katolik, protestan dan Islam” tambahnya.

Sementara itu, tampak hadir Ketua DPRD Rahmat Hartono di acara tersebut dan sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh kepala Desa Sumber Arum yang telah mengajak masyarakat untuk melakukan hal positif.

“Mari kita berikan contoh kepada masyarakat yang lain untuk kesadaran untuk saling mempunyai rasa memiliki lingkungannya,” ujarnya.

Untuk puncak acara Bersih Desa atau Suran ini, akan dilaksanakan tanggal 5 Oktober 2018 dengan menggelar Kesenian Wayang Kulit semalam suntuk, lakon (judul) “Mbangun balai kencono” dengan Dalang Ki Muryanto Cermo Syahputro dari Kali Rejo Lampung Tengah.(Yono/Red).

Facebook Comments

Komentar

News Feed