oleh

‘Nyuncun Pahakh’ Pesibar ditetapkan Menjadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia

Pesisir Barat, newsKabarindonesia.com : Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat secara simbolis menerima Sertifikat “NYUNCUN PAHAKH” yang di sampaikan Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Pada Senin (3/12/2018) bertempat di Ruang Batu Gugkhi komplek perkantoran pemkab setempat.

Sertifikat ‘Nyuncun Pahakh’ ini di serahkan langsung oleh kepala dinas pendidikan provinsi Lampung Fariza AT. Kepada pemerintah Kabupaten Pesisir Barat yang diterima Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal melalui sekeretaris daerah kabupaten (Sekdakab) pesisir Barat, Azhari.

Kemendikbud RI memberikan Sertifikat ‘Nyuncun Pahakh’ sebagai warisan Budaya Takbenda. Karena merupakan karya budaya asli dari Provinsi Lampung yang asal usulnya berasal dari pesisir barat , yang di tetapkan oleh Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof.Dr.Muhajir Effendy di Jakarta pada tanggal 10 Oktober 2018 yang lalu,(Red)

Turut hadir dalam acara tersebut, kepala dinas pendidikan kabupaten Pesisir Barat, Hafzi, dan sekretaris dinas pendidikan, sekretaris disdik Nur, Kemala beserta jajaran.

Dalam sambutannya Sekdakab Azhari, mengucapkan selamat datang kepada Kepala Dinas Provinsi Lampung Parizal AT Beserta rombongan yang telah menyempatkan diri hadir dan menyerahkan langsung sertifikat nyuncun pahakh pada pemerintah Kabupaten Pesisir Barat.

Disampaikan juga ucapan terimakasih Kepada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan atas Sertifikat yang diberikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Barat melalui Dinas Pendidikan Provinsi Lampung.

Pemberian sertifikat merupakan apresiasi kementrian pendidikan melalui dinas pendidikan provinsi Lampung karena Kabupaten Pesisir Barat mempunyai aneka ragama adat istiadat budaya lampung yang salah satu nya “nyuncun pahakh”.

“Nyuncun Pahakh juga merupakan adat budaya Lampung Pesisir yang biasa dipergunakan/dipakai untuk acara–acara adat Lampung Pesisir dimana pahakh juga merupakan kebanggaan masyarakat Pesisir Barat,”Jelasnya.(WO/RED)

Facebook Comments

Komentar

News Feed