oleh

Wabup SBB Resmi Launcing Pencanangan Germas

SBB,Maluku,NewsKabarIndonesia,Com : Wakil Bupati Seram Bagian Barat Maluku Timotius Akerina,S.E,M.Si secara resmi membuka Launcing Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( GERMAS) yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kab SBB. Kegiatan yang berlangsung dihalaman gedung hatutelu Desa Piru Kecamatan Seram Barat Kabupaten Seram Bagian Barar Provinsi Maluku. Jumaat (14/12/2018).

Turut hadir OPD Lingkup Pemkab SBB, Ketua PKK Kab. SBB. Ibu Hj. Sarifa Payapo ,Dandramil 1502-07/Piru Kapten Inf. A. Laturake, Danki 2B Brimob Piru, Iptu Supriadi, Peserta kurang lebih 250 orang.

Wakil Bupati SBB Timotius Akerina S.E, M.Si dalam sambutannya mengatakan sebab itu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( GERMAS) adalah suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup”Ungkap Akerina

Menurut Akerina,ada pun tujuan dari kegiatan ini untuk mendukung program Prioritas Presiden Republik Indonesia guna melaksanakan dan mensukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang diperkuat dengan Instruksi Presiden No. 1 Tahun 2017. Diharapkan semua Organisasi Perangkat Daerah, Organisasi Masyarakat (Ormas) dan semua elemen masyarakat melaksanakan instrusi Presiden tersebut.

Dalam kurun waktu empat tahun terakhir ini, terjadi pergesaran pola penyakit, dimana penyakit tidak menular memiliki proporsi utama ( 57 % dari total kasus )

” Hal ini terjadi akibat perubahan pola hidup masyarakat, pola hidup yang tidak sehat, kurang aktifltas fisik dan kebiasaan makan yang tidak baik, lingkungan yang tidak sehat, merupakan penyebab penderita penyakit tidak menular semakain bertambah” Jelas Akerina

Lebih lanjut Akerina menambahkan, penting dalam upaya pencapaian derajat kesehatan masyarakat setinggi tingginya dalam konteks pembangunan Daerah Kab.SBB karena Sesuai dengan Visi Kabupaten Seram Bagian Barat “Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Seram Bagian Barat yang Sejahtera, Berbudi Pekerti Luhur dan Berbudaya Berbasis Potensi Ekonomi Lokal ”

” Mewujudkan masyarakat yang berdaya saing diperiukan pembangunan sumberdaya manusia, yang ditandai dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Salah satu unsur penting peningkatan IPM adalah derajat kesehatan ” Pungkas Akerina

Pantauan media inisebelum wabup SBB membuka launcing GERMAS dilakukan jalan santai yang diikuti peserta yang terdiri atas OPD lingkup pemkab SBB, para kepala dan pegawai puskesmas yang ada di kabupaten SBB, serta Para Siswa – siswi SMA Negeri 1 Seram Barat dengan stars dan finis didepan gedung hatutelu Desa Piru Kecamatan Seram Barat Kabupaten SBB (MFS/Red).

Facebook Comments

Komentar

News Feed