oleh

PRSU 2019, Buku LIPPATA dan Selayang Pandang Hiasi Stand Pemkab Labuhanbatu

MEDAN,newskabarindonesia.com : Buku LIPPATA dan Selayang Pandanghasil karya putra daerah yang bercerita tentang sejarah Labuhanbatu, turut menghiasi stand Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu di ajang tahunan Pekan Raya Sumatera Utara yang ke-48 Tahun 2019 yang berlangsung dari tanggal 8 Maret s/d 8 April 2019 di Tapian Daya Medan Sumatera Utara.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu dibawah kepepimpinan Ir. H. Leo Sunarta Marpaung, M.MA selama dua tahun ini terus aktif mengisi dan menghiasi stand Pemkab Labuhanbatu di Arena PRSU bersama OPD dan UMKM lainnya, tidak lain tujuannya adalah untuk mempromosikan hasil karya atau produk unggulan dan kerajinan masyarakat Kabupaten Labuhanbatu di tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Salah satu tugas dan fungsi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu adalah memberikan dukungan atas penyelenggaraan pemerintah daerah dalam bidang pengembangan dan pengolahan, layanan perpustakaan, teknologi informasi, pembinaan sumber daya manusia dan pembinaan kelembagaan perpustakaan serta arsip daerah bekerja dan berjalan sesuai dengan visinya “Bersama masyarakat gemar membaca dan budaya tertib arsip menuju Labuhanbatu Hebat Berkompeten.”

“Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu kini telah memiliki koleksi bahan perpustakaan yang disediakan terdiri dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersifat ilmiah dan non ilmiah (fiksi) untuk kepentingan belajar, informasi, rekreasi cultural dan penelitian bagi semua lapisan masyarakat mulai anak-anak, remaja maupun dewasa yang meliputi karya cetak berupa buku teks, buku rujukan seperti ensiklopedia, kamus, sumber geografi dan terbitan pemerintah seperti peraturan perundang-undangan, terbitan berkala berupa majalah, bulletin, jurnal dan surat kabar.

Di jelaskan, Pengelompokan bahan perpustakaan menggunakan sistem persepuluhan dewey (dewey decimal classification = DDC) dengan sistem layanan perpustakaan Open Acces System atau Sistem Layanan Terbuka yaitu semua pemustaka yang sudah menjadi anggota ataupun belum menjadi anggota diberi kebebasan mencari, memilih dan mengambil sendiri buku yang diinginkan atau diperlukan langsung ke rak buku.

Layanan Perpustakaan tersebut meliputi, Sirkulasi (Peminjaman dan Pengembalian Buku), Referensi dan Penelusuran Informasi, Perpustakaan Keliling, Membaca, Konsultasi Perpustakaan dan Digital Library Berrbasis Android.

Selain itu turut juga ambil bagian dan menghiasi Stand tersebut dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu yang menyajikan berbagai informasi tentang kegiatan, program dan rencana pembangunan Kabupaten Labuhanbatu melalui tayangan visual vidiotron. (A.Rico/Red).

Facebook Comments

Komentar

News Feed