Gubernur DKI Buka Forum Musrenbang Tingkat Kota Jaksel

Apakabar INDONESIA

JAKARTA, newskabarindonesia.com– Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Administrasi Jakarta Selatan Tahun 2019, di Ruang Pola, Kantor Walikota Jakarta Selatan,, Rabu (20/3/2019).

Gubernur secara umum menekankan pembangunan ruang ketiga atau ruang interaksi yang berkualitas bagi publik dan memiliki nilai-nilai yang baik. Antara lain, nilai kesetaraan, seperti desain dan sosial ekonomi; nilai moral, seperti fasilitas ibadah; serta nilai pendidikan.

“Hari ini kita berkumpul untuk musyawarah yang dirancang bagi pembangunan tahun 2020. Ini harus dibereskan, ruang ketiga ini bicara tempat interaksi. Kita seriusi pembangunannya, karena ini harus dirancang untuk bisa membuat warga DKI merasakan manfaat tinggal di kota ini. Ruang ketiga yang dibangun adalah ruang yang mencerminkan nilai, itu penting. Jika kita membangun tanpa memikirkan nilai, nanti kegiatan yang ada di tempat itu tanpa arah,” jelas Anies.

Lebih lanjut, kata Anies , semua kegiatan pembangunan daerah yang direncanakan di seluruh wilayah DKI Jakarta, di samping dapat meningkatkan angka pertumbuhan, harus mampu pula meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Hal ini dilakukan guna menghadirkan pertumbuhan berkualitas di seluruh wilayah DKI Jakarta, termasuk di Jakarta Selatan.

“Kita ingin, di Jakarta ini pertumbuhannya berkualitas. Jadi, kualitas itu ditentukan oleh pemerataan, pertumbuhan yang merata. Pertumbuhannya tinggi dan semuanya ikut terbawa,” terangnya.

Anies menerangkan, guna menghadirkan pertumbuhan yang berkualitas di Jakarta, khususnya di wilayah Jakarta Selatan, harus pula dilakukan pembangunan yang memikirkan secara serius aspek pengelolaan lingkungan hidup.

“Pembangunan bukan hanya mengejar pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan sosial, tetapi juga peningkatan kualitas lingkungan sebagai suatu upaya penyelenggaraan pembangunan kota yang berkelanjutan melalui pembangunan manusia sebagai fokus utamanya,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Anies turut memaparkan beberapa program strategis yang perlu diperhatikan dan disinkronkan di wilayah Jakarta Selatan, antara lain:
Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Pesanggrahan; Pembangunan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD) di wilayah Jakarta Selatan; Penataan kawasan Lenteng Agung; dan Penataan kawasan Tebet.

Selain itu, program kegiatan pembangunan wilayah tahun 2020 agar selaras dengan kegiatan strategis daerah lainnya, antara lain pengelolaan air bersih, persampahan, naturalisasi sungai, hunian yang layak, penataan kampung, peningkatan akses PAUD, serta peningkatan aksesibilitas penyandang disabilitas.

“Adapun forum Musrenbang ini merupakan sarana sinkronisasi dan sinergitas antara aspirasi masyarakat dengan kebijakan pemerintah, dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) DKI Jakarta Tahun 2020 yang bertema “Memacu Pertumbuhan Berkualitas”, tandas Anies.(Iv)

About The Author

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda...!