oleh

Pangkoarmada I Pimpin Apel Gelar Pasukan Satgas Pengamanan Pemilu Pemilu 2019

Jakarta, newskabarindonesia.com : Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S, E.,M.M., pimpin Apel Gelar Pasukan Satgas (Satuan Tugas) Pengamanan Pemilu Koarmada I Tahun 2019 bertempat di Dermaga JICT (Jakarta Internasional Container Terminal) II Tanjung Priok, Jakarta Utara. Senin, (1/4/2019).

Panglima Komando Armada I dalam Apel Gelar Pasukan (Satuan Tugas) dalam Pengamanan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden Tahun 2019. Sesuai Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, pemberian bantuan keamanan atas permintaan kepada Pemda dan Polri merupakan salah satu bagian dari 14 tugas TNI dalam Operasi Militer selain Perang (OMSP).

Penyiapan Satgas Pam Pemilu 2019 ini sengaja dibentuk, untuk mengantisipasi perkembangan situasi nasional yang berpotensi terjadi sebagai dampak dari Pemilu 2019.

Dalam pelaksanaannya satuan tugas ini disiapkan guna perbantuan kepada Pemerintah Kota dan Kepolisian. Hal ini merupakan bagian dari tugas pokok TNI dalam OMSP (Operasi Militer Selain Perang). Kemungkinan ancaman yang akan timbul akibat dari pemilu ini adalah gesekan antar massa pendukung yang dapat menyebabkan konflik horisontal.

Oleh karena TNI juga dituntut untuk berperan aktif dalam menyiapkan pasukan pengamanan guna perbantuan kepada pemerintah dan kepolisian bila diperlukan.

“Tentunya kita berharap pasukan ini tidak digunakan sampai dengan penetapan Presiden dan legislatif terpilih, yang artinya bahwa pesta demokrasi ini berjalan dengan aman dan lancar.” Kata Panglima Armada I usai menghadiri gelar pasukan tersebut.

Gelar pasukan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mengecek tingkat kesiapan, personel dan materiil Satgas Pam Pemilu 2019. (Nvd/Red)

Facebook Comments

Komentar

News Feed