oleh

Andi Suhaimi Hadiri Penandatanganan MoU DPPKB dan PC. IBI Labuhanbatu

Labuhanbatu, newskabarindonesia.com : Plt.Bupati Andi Suhaimi Dalimunthe menghadiri Penandatanganan MoU antara DPPKB dengan Ketua PC. IBI Kabupaten Labuhanbatu, Direktur Akbid Ika Bina Labuhanbatu dan Klinik Frans PT. Sri Pamela Nusantara Aek Nabara. Selasa (9/4/2019)

Pelaksanaan Penandatanganan MoU antara DPPKB (Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana) Kabupaten Labuhanbatu dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ini adalah tentang Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga yang ditandatangani oleh Hj. Lidiyawati Harahap, S.Psi, M.AP selaku Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Labuhanbatu Hj. Ernawati, SKM, MKM selaku Ketua Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Labuhanbatu yang diketahui.

Bersama penandatanganan Mou antara DPPKB dengan Akademi Kebidanan Ika Bina Labuhanbatu tentang Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga dan Pengabdian Masyarakat di Kabupaten Labuhanbatu yang ditandatangani oleh Hj. Lidiyawati Harahap, S.Psi, M.AP dengan Rani Darma Sakti Tanjung, SST, M.Kes selaku Direktur Akbid Ika Bina Labuhanbatu, setelah itu Penandatanganan MoU antara DPPKB dengan Klinik Frans PT. Sri Pamela Medika Nusantara Aek Nabara dr. Yudi Prasetia, M.Kes tentang Pelayanan Keluarga Berencana yang kedua-duanya disaksikan Plt. Bupati Labuhanbatu.

MoU atau Perjanjian Kerjasama antara Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dengan Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Labuhanbatu, Akademi Kebidanan Ika Bina Labuhanbatu dan Klinik Frans PT. Sri Pamela Medika Nusantara Aek Nabara, isinya antara lain, Pihak Pertama adalah Dinas pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang bertugas melaksanakan pengendalian penduduk, menyelenggarakan keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

Memiliki fungsi perumusan kebijakan daerah, penetapan norma, standart, prosedur dan kriteria, pelaksanaan advokasi dan koordinasi, penyelenggaraan komunikasi informasi dan edukasi, penyelenggaraan pemantauan dan evaluasi serta pembinaan, bimbingan dan fasilitasi di bidang pengendalian penduduk, penyelenggaraan keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

Sedangkan Pihak Kedua adalah mitra kerja pemerintah dan organisasi profesi Ikatan Bidan Indonesia yang merupakan organisasi profesi yang menghimpun para Bidan di Kabupaten Labuhanbatu untuk menggalang persatuan dan persaudaraan bidan agar menjadi bertanggungjawab dan profesional dalam memberikan pelayanan berkualitas, sehingga anggota Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Labuhanbatu sebagai fasilisator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak dalam mewujudkan keluarga sejahtera.

Di Pihak Kedua berikutnya, bahwa Akademi Kebidanan Ika Bina Labuhanbatu sebagai institusi pendidikan tenaga kesehatan yang menyelenggarakan program Diploma III Kebidanan yang merupakan sebagai sarana pelayanan pendidikan, baik promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif yang ditujukan untuk secara langsung memperbaiki derajat pendidikan masyarakat.

Atas kesepakatan bersama antara Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dengan Klinik Frans PT. Sri Pamela Media Nusantara Aek Nabara, maka pihak kedua dapat memberikan sosialisasi, advokasi serta komunikasi, informasi dan edukasi tentang kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga, kemudian Meningkatkan pengelolaan dan pelaksanaan pelayanan KB, Meningkatkan akses cakupan peserta KB Baru, Meningkatkan akses cakupan peserta KB Aktif dan Memberikan fasilitas tempat pelayanan KB MKJP.

Perjanjian kerjasama atau MoU yang diketahui oleh Plt. Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe ini berlaku untuk jangka waktu 5 tahun sejak tanggal ditandatangani dan apabila dikehendaki dapat diperpanjang. Penandatanganan MoU tersebut turut dihadiri Kepala BKKBN Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Kabid KB/KR BKKBN Provsu A. Sofian Rangkuti, M.AP dan Kasdim 0209/LB serta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj. Rosmanidar Hasibuan Andi Suhaimi dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Labuhanbatu Hj. Fatimah Adriani Ahmad Muflih. (A.Rico/Red)

Facebook Comments

Komentar

News Feed