oleh

Pemprov Mulai Terbitkan Pergub Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau Kecil

BANDAR LAMPUNG : Pemerintah Provinsi Lampung segera menerbitkan Pergub Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K) menyusul telah ditetapkannya Perda RZWP3K 15 Januari 2018 lalu.
Hal itu diungkapkan Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis saat memimpin Rapat Tim Pokja Penyusunan Pergub RZWP3K, di Ruang Abung Balai Keratun, Senin (15/4/2019) .

Menurut Hamartoni, Pergub RZWP3K akan menjadi dasar pelaksanaan pengelolaan wilayah perairan di Provinsi Lampung di antaranya terkait perizinan, retribusi dan sanksi.

Pergub ini juga akan menjadi turunan dari Perda No 1 Tahun 2018 tentang RZWP3K dan merupakan modal dasar pemerintah provinsi dalam mendorong perkembangan ekonomi di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.

Dalam Perda tersebut, lanjut Hamartoni, Pemerintah Provinsi diberikan kewenangan memanfaatkan wilayah perairan laut sepanjang 0-12 mill dari bibir pantai menjadi 4 kawasan, yakni kawasan pemanfaatan umum, kawasan konservasi, kawasan startegis nasional tertentu dan alur laut. “Untuk itu, dalam implementasinya perlu diatur lebih lanjut dengan pergub ,” jelasnya.

Hamartoni berharap penyusunan draft pergub ini dapat segera diselesaikan untuk mempermudah berbagai persoalan terutama perizinan di wilayah perairan. “Setelah penyusunan Pergub ini selesai kita berharap birokrasi akan semakin mudah, terutama dalam perizinan khususnya untuk dunia usaha,” ungkap Hamartoni.

Rapat ini juga dihadiri narasumber dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yakni Direktur Perencanaan Ruang Laut yang diwakili Kasubdit Perizinan Pemanfaatan Ruang Laut, Muhandis Sidqi dan Direktur Jasa Kelautan yang diwakili Kasubdit Reklamasi, Frista Yorhanita. (Humas Prov Lampung)

Facebook Comments

Komentar

News Feed