oleh

TactiIcal Game Kogasgabratmin, Mantapkan Rencana Operasi

JAKARTA, newskabarindonesia.com – Sehari setelah paparan OCS Plan, Panglima Kolinlamil selaku Pangkogasgabratmin, Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. kembali menguji satuan-satuan tugasnya dalam memahami rencana operasi melalui Tactical Game Simulator di Pusat Latihan Elektronika dan Pengendalian Senjata (Puslatlekdalsen), Kodiklatal, Kamis (11/7).

Tactical Game Simulator di Puslatlekdalsen, Kodiklatal, Surabaya ini berupa simulator ruang kendali, sama seperti dengan yang ada di KRI, sehingga peserta/pelaku latihan merasakan atmosfere yang sama seperti di dalam sebuah kapal perang sesuai jenis yang diinginkan.

Selain manuver kapal dalam konvoi yang dapat ditunjukan, display simulator juga dapat menampilkan simulasi tembakan berbagai jenis senjata, baik anti serangan udara, anti kapal permukaan maupun anti kapal selam, sesuai setting KRI yang diinginkan.

Dalam latihan di simulator tersebut, sesekali Panglima memberikan instruksi dan warning, saat mendapati jalannya latihan tidak sesuai dengan skenario yang telah ditentukan atau saat aksi tiap unsur sedikit terlambat.

Oleh karena itu, dengan memanfaatkan simulator ini, diharapkan tiap serial latihan yang akan dilaksanakan saat manuver di laut dapat dipahami secara mendalam dan dapat disiapkan/diantisipasi lebih awal, sehingga tidak ada keterlambatan ataupun kesalahan yang berdampak pada kerugian personel maupun material.

Usai tactical game Panglima kembali menegaskan agar koreksi-koreksi yang diberikan dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan/penyempurnaan.

“Sehingga unsur-unsur Kogasgabratmin lebih siap memasuki tahap pelaksanaan manuver lapangan.(Red)

Facebook Comments

Komentar

News Feed