oleh

Tiga Pilar Kecamatan Kalideres Gelar Kerja Bakti Bersihkan Sampah Kebakaran

JAKARTA, newskabarindonesia.com – Tiga Pilar Kecamatan Kalideres menggelar kerja bakti membersihkan puing-puing di area pasca kebakaran yang terjadi di Kampung Bulak RT 10/01, Kelurahan Semanan, Jakarta Barat, Minggu (01/9/2019) pagi.

Camat Kalideres Naman Setiawan saat memimpin kegiatan tersebut mengatakan, tujuan dari kerja bakti di lokasi kebakaran ini, ingin meringankan beban warga yang terdampak musibah. Selain itu kebersihan lingkungan yang memang menjadi tanggung jawab bersama. Ini dilakukan bahwa ada kepedulian pemerintah bersama jajaran TNI-Polri.

“Pada kegiatan kerja bakti hari ini di lokasi pasca kebakaran di RT 10/01, Kelurahan Semanan. Kita juga menurunkan alat berat guna mempercepat proses pengangkutan sampah yang diikuti 250 personil gabungan terdiri dari unsur, TNI, Polri, Satpol PP dan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum ( PPSU), Sumber Daya Air (SDA), Lingkungan Hidup (LH) dan Unit Pelayanan Kebersihan (UPK) serta Bina Marga,” kata Naman, Minggu (01/9/2019).

Selain itu dilokasi kebakaran, ia juga menghimbau kepada warga jika ingin meninggalkan rumah yakinkan bahwa kondisi arus listrik dalam keadaan posisi mati. Kemudian jika memasang instalasi listrik jangan satu kabel terlalu banyak beban colokan, ini yang sering menyebabkan arus pendek hingga kerap terjadinya kebakaran.

‘Kita sudah sering mengadakan sosialisasi dan pelatihan- pelatihan cara mengantisipasi dan menangani kejadian kebakaran kepada warga. Agar mereka tahu bagaimana langkah awal saat memadamkan api jika terjadi konsleting maupun dari bahan-bahan yang sekiranya mudah terbakar,” jelasnya.

Mengenai dilokasi bekas kebakaran yang akan dibangun kembali oleh warga, menurut Naman, bahwa lahan tersebut adalah milik pribadi, apakah pemilik lahan masih mau menyewakan kembali seperti rumah sewaan atau tidak, semua sudah diserahkan kepada si pemilik, entah apa maunya nanti itu kebijakan dari si pemilik lahan.

“Kami berharap jika saja si pemilik lahan ini masih mau kembali membangun rumah sewaan itu, bangunlah dengan kondisi bangunan yang baik seperti instalasi yang baik dengan demikian dapat mencegah terjadi kembali bahaya kebakaran atau musibah-musibah lainnya yang tidak diingkan,” imbuhnya.

Pada aksi bersih-bersih tersebut, nampak warga tidak jauh dari lokasi kebakaran hingga saat ini masih menempati di tiga tenda pengungsian, mereka juga telah mendapatkan berbagai bantuan dari pemerintah maupun dari para donatur. Termasuk didirikan dapur umum, posko kesehatan, tempat penyediaan air bersih, MCK sementara dan semua bantuan ditempatkan dalam posko untuk memudahkan pendistribusian.

Sebelumnya diberitakan kebakaran melanda permukiman padat penduduk di Kampung Bulak RT 10/01 Kelurahan Semanan ini telah menghanguskan ratusan rumah semi permanen. Puluhan mobil pemadam kebakaran pun dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api.(Ivn)

Facebook Comments

Komentar

News Feed