oleh

PSDKP Belawan, Tidak Mampu Menindak Kapal Trawl

BELAWAN – newskabarindonesia.com: Petugas Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) dinilai tak mampu memberantas kapal trawl, trawl gandeng dua, bouke ami dan purse seine teri. Selasa,3/12/2019.

Hingga sampai saat ini, Selasa (3/12/2019), tidak satu pun kapal ikan yang mengunakan alat tangkap dilarang ini berhasil amankan petugas.

Padahal sebelumnya, Kepala Stasiun PSDKP Belawan telah mengeluarkan surat akan melakukan penindakan terhadap kapal penangkap ikan jenis trawl, baik yang sedang beroprasi di laut ataupun bersandar di Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan (PPSB) dan tidak mengeluarkan Surat Layak Oprasional (SLO) bagi kapal-kapal ikan yang mengunakan alat tangkap yang dilarang.

Ironisnya, bukan melakukan penangkapan terhadap kapal ikan yang mengunakan alat yang dilarang akan tetapi melakukan pembiaran, sehingga dengan bebas kapal-kapal ikan tersebut keluar masuk ke Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan (PPSB).

Iyan (52) salah seorang nelayan kecil mengaku kecewa dengan kinerja PSDKP, karena sampai saat ini aparat penegak hukum perikanan ini belum juga menertibkan kapal ikan yang mengunakan alat tangkap yang di larang.

“Kita menilai, kalau petugas PSDKP tak mampu menerapkan undang- undang perikanan. Kita juga sama- sama mengetahui kalau kantor PSDKP itu berada di Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan yang merupakan tempat bersandar kapal-kapal trawl.” tegas Iyan.

Sambung Iyan, jika petugas PSDKP tak mampu menjalankan tugasnya sesuai dengan amanat undang- undang perikanan, siapa lagi yang akan menertibkan kapal-kapal ikan mengunakan alat tangkap yang dilarang.

(Rikcy)

Facebook Comments

Komentar

News Feed