oleh

Menyambut HUT RI Ke-75, LBI dan JITU Apresiasi Dirut PT PELINDO I (Persero)

-Berita-344 views

Medan Belawan – newskabarindonesia.com: LBI dan tim JITU menyampaikan Apresiasi kepada Dirut PT. Pelindo 1 (Persero) dengan Peduli lingkungan Tanam 2.020 Bibit Mangrove. Jumat (14/8/2020).

Dalam rangka menyambut HUT RI ke-75 tahun Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 peduli terhadap lingkungan dan pendidikan dengan membantu 17 juta untuk Rumah Baca Tahap I, 8 set Alat Pangkas, 2020 bibit Mangrove serta pangkas gratis 75 Anak.

PT Pelindo 1 sebagai bentuk kepedulian dan komitmen untuk berkontribusi nyata bagi dunia pendidikan serta kelestarian lingkungan melalui kegiatan penanaman pohon mangrove yang memberikan banyak manfaat bagi keseimbangan lingkungan, mencegah abrasi, erosi dan memperbaiki kawasan pesisir yang rusak agar hijau kembali.

Program CSR (Corporate Social Rensposibility) bertema “Cintai Mangrove Sejak Dini” yang pelaksanaan penanamannya di 2 (dua) lokasi yaitu Danau Siombak Kecamatan Medan Marelan dan muara sungai Bagan Deli Kecamatan Medan Belawan yang diisi dengan berbagai kegiatan yang dimulai pelaksanaannya pada tanggal 12 Agustus 2020 bertempat di Danau Siombak bekerjasama dengan Rumah Mangrove Indonesia serta Rumah Baca Merah Putih.

Direktur Utama (Dirut) PT. Pelindo 1 (Persero) Dani Rusli Utama dalam sambutannya mengatakan, penanaman mangrove ini dapat memperkuat pesisir dan mengurangi abrasi pantai serta berdampak multiguna bagi perekonomian masyarakat sekitar.

“Melalui kegiatan ini kami juga mengedukasi masyarakat dan anak-anak yang merupakan generasi muda untuk peduli pentingnya menjaga ekosistem laut bagi kelestarian lingkungan kita, dimana hal ini adalah salah satu bentuk kontribusi kita bagi negara”, Ucapnya.

Binsar Simatupang SH., Ketua Liputan Bahari Indonesia (LBI), bersama Ketua Jeli, Independent, Toleran, Ukur (JITU), Erwin Librandi Tambunan, SE mengapresiasi kegiatan penanaman mangrove yang dilaksanakan oleh Dirut PT. Pelindo 1 (Persero) yang terus mewujudkan kepedulian dan komitmen untuk berkontribusi nyata bagi dunia pendidikan serta kelestarian lingkungan khususnya kelestarian ekosistem laut di wilayah pesisir Belawan menjadi salah satu wilayah kerjanya.

“Hari ini Pelindo 1 melakukan penanaman mangrove sebagai bentuk kecintaaan terhadap tanah air dalam rangka memperingati kemerdekaan RI ke-75 dan mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan, menanamkan kecintaan mangrove sejak dini kepada anak-anak, memberikan kesehatan bagi keluarga serta anak cucu kita kelak”, jelas Ketua LBI didampingi unsur pengurus.

“Bantuan ini nantinya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk merenovasi fasilitas Rumah Baca, Danau Siombak dan penambahan buku-buku sehingga anak-anak yang belajar didalamnya mendapatkan akses perpustakaan dan buku yang baik”, Lanjutnya.

“Pelindo 1 juga mengajarkan tentang pedoman protokol kesehatan serta edukasi tentang manfaat tanaman mangrove bagi kelestarian lingkungan yang dibawakan oleh Wibi Nugraha, penggiat mangrove di Kota Medan dan Erlianto, penggiat mangrove di Taman Wisata Danau Siombak,” tutur Wakil Ketua JITU, Irwan Pane ikut menambahkan

Selain itu juga, Sekjen LSM Coruption Indonesia Funtionary Observation Reign (CIFOR) Ismail Alex MI. Perangin-angin, mengucapkan terima kasih atas Pengurus LBI bersama Pengurus JITU mengapresiasi kegiatan penanaman mangrove yang dilaksanakan Dirut Pelindo 1 beserta jajarannya, namun memberikan saran dan kritik serta mengingatkan pernyataan Menteri BUMN, Erick Thoir sempat menyinggung Dirut perusahaan pelat merah yang banyak memiliki jadwal acara dengan menginstruksikan khusus bagi seluruh Dirut perusahaan pelat merah untuk membagi-bagi tugasnya sehingga bisa fokus dalam bekerja.

Menteri BUMN, Erick Thoir mencontohkan ketidak ikut sertaan Dirut dalam acara penandatanganan kesepahaman bersama antara Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziya, Rabu 22 Juli 2020 merupakan bentuk kebijakan dirinya agar Dirut BUMN tidak harus hadir di setiap acara seremonial, “Mohon maaf ibu, ini bukan tidak menghormati, tapi karena memang policy-nya dari saya kalau bisa Dirut jangan kebanyakan acara, jadi setiap acara itu lebih baik dibagi.

(Rikcy)

Facebook Comments

Komentar

News Feed