oleh

TP PKK Bengkulu Sambangi Lamsel

Lampung Selatan : Berbagai prestasi serta program unggulan yang dimiliki Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Lampung Selatan menyita perhatian TP PKK di sejumlah daerah.

Salah satunya adalah TP PKK Provinsi Bengkulu. Secara khusus TP PKK Provinsi Bengkulu yang dipimpin Wakil Ketua III, Hj. Syafridawati Musiar Dannis beserta jajarannya melakukan studi ke Kabupaten Lampung Selatan, pada Kamis 26-November-2020.

Rombongan TP PKK Bengkulu yang tiba sekitar pukul 09.45 WIB diterima Penjabat Sementara (Pjs) Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Pori Karlia Sulpakar.

Turut juga mendampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan, Supriyanto, S.Sos., M.M. jajaran pengurus TP PKK Kabupaten Lampung Selatan, serta Ketua Dharma Wanita Persatuan, Yani Thamrin beserta jajaran.

Pertemuan TP PKK Provinsi Bengkulu dan TP PKK Kabupaten Lampung Selatan itu pun berlangsung di Aula Krakatau kantor bupati Lampung Selatan.

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua III TP PKK Provinsi Bengkulu, Hj. Syafridawati Musiar Dannis menyampaikan rasa hormatnya kepada jajaran Pemkab Lampung Selatan.

“Kami merasa sangat tersanjung karena diterima oleh jajaran TP PKK Kabupaten Lampung Selatan secara lengkap,” ujar Syafridawati saat memberikan kata sambutannya.

Dia juga menyampaikan, selain menjalin silaturahmi, kedatangan rombongan TP PKK Bengkulu yang berjumlah 22 orang itu, dalam rangka melakukan studi tiru terkait dengan program-program maupun keberhasilan yang diraih oleh TP PKK Lampung Selatan.

“Kami ingin mendengar dan melihat secara langsung kondisi dan kegiatan TP PKK Kabupaten Lampung Selatan. Melalui kunjungan kerja ini, ke depan kami berharap ada hal-hal yang bisa dilakukan kerjasama dalam kegiatan PKK,” tuturnya.

Sementara, Pjs TP PKK Kabupaten Lampung Selatan, Pori Karlia mengungkapkan, bahwa TP PKK Kabupaten Lampung Selatan memiliki berbagai program unggulan sebagai penerapan 10 Program Pokok PKK.

Diantaranya program Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). Dimana kata dia, program UP2K ini memiliki peran pokok dalam meningkatkan keterampilan serta keahlian Kader PKK yang kedepannya akan berdampak kepada peningkatan ekonomi keluarga.

“Kami juga mengadakan pembinaan dan bimtek produk industri rumahan dan kerajinan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam membuat desain dan teknis produk kerajinan. Sehingga produk kerajinan yang dihasilkan berdaya saing tinggi dalam pemasarannya, menarik dengan tampilan kreasi dan inovasi baru,” kata Pori Karlia.

Istri Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung ini menambahkan, Kabupaten Lampung Selatan sendiri memiliki berbagai industri rumahan, diantaranya industri pembuatan otak-otak, Pletekan, Keripik Pisang dan Kelapa Puan atau Kopyor di Kecamatan Kalianda.

“Ada produk kerajinan Tukkus di Kecamatan Penengahan dan produk kerajinan Kuliner Abon Buah Pepaya di Kecamatan Natar. Kedua produk kerajinan ini belum ada di daerah lain. Serta beberapa produk lainnya yang sangat diminati,” ungkap Pori Karlia.

Dalam kesempatan itu, Pori Karlia juga menyampaikan berbagai prestasi yang telah diraih oleh TP PKK Kabupaten Lampung Selatan, baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

Diantaranya, juara I Lomba IVA Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019, juara I Lomba UKS Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019, juara I Lomba Kesrak Tingkat Provinsi Lampung Kategori Pola Hidup Bersih dan Sehat Tahun 2019.

Kemudian, juara I Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019, Juara II Lomba Masak B2SA Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019, dan juara II Lomba Masak Serba Ikan dalam rangka Lampung Fair Tahun 2019.

Untuk prestasi ditingkat nasional diantaranya, juara II Kesrak kategori LBS Tingkat Nasional Tahun 2019, juara III Lomba Masak Tingkat Nasional kategori Menu Keluarga Tahun 2019, dan Juara III Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Nasional Tahun 2019.

“Prestasi-prestasi ini dapat kami raih berkat adanya kerjasama yang baik dimasing-masing kelompok kerja (Pokja). Ditambah pembinaan serta dukungan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK,” katanya.

Pertemuan TP PKK Provinsi Bengkulu dan TP PKK Kabupaten Lampung Selatan juga diwarnai dengan tukar menukar cenderamata serta ramah tamah.

Setelah itu, rombongan TP PKK Bengkulu meninjau langsung program UP2K ke lokasi pembuatan Otak-otak dan peletekan di Beringin Kelurahan Bumi Agung, Kecamatan Kalianda dan Sekretariat Dekranasda Kabupaten Lampung Selatan.

Rombongan TP PKK Bengkulu sangat kagum dengan berbagai produk kerajinan hasil binaan Dekranasda Kabupaten Lampung Selatan yang berupa kain tapis, tenun ikat inuh, sulam usus, dan berbagai kerajinan bermotif tapis seperti peci, selendang, tas, topi, masker dan lainnya. Bahkan sampai memborong produk tersebut.

Facebook Comments

Komentar

News Feed