oleh

Pilkada Labuhanbatu: Kuasa Hukum Cs Andi Suhaimi – Faisal Amri Optimistis MK Tolak Gugatan Erik Adtrada-Ellu Rosa

Labuhanbatu – newskabarindonesia.com: Tim kuasa hukum cs pasangan calon petahana Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu, H. Andi Suhaimi Dalimunthe dan Faisal Amri Siregar mengaku optimis bahwa Mahkamah Konstitusi( MK) bakal menolak gugatan yang dilayangkan oleh paslon dr. H Erik Adtrada Ritong, MKN dan Hj. Elly Rosa Siregar, Spd, MM.

“Kami sangat optimistis gugatan pasangan ERA nomor urut 02 akan ditolak oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Hal ini bukan hanya terkait dengan ambang batas atau katanya terpenuhi syarat di MK, tetapi isi dalil gugatan APPP Nomor 59/PAN.MK/AP3/12/2020 – diajukan dan juga sejumlah bantahan dan lainnya,” ujar ketua tim hukum paslon 03, Nasir Wadiansan Harahap, SH. Senin (4/12/2020).

Nasir Wadiansan mengatakan bahwa Mahkamah Konstitusi (MK) hanya mengatur persoalan selisih suara sebagaimana yang tertuang dalam peraturan MK nomor 6 tahun 2020. Sedangkan tentang kecurangan yang terstruktur, sistematis dan masif menjadi ranah dari Bawaslu.

Pihak penyelengara KPU dan Bawaslu sudah menjalankan tugasnya terbukti KPU Labuhanbatu menindak lanjuti Surat Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu, Nomor S 264/K.BAWASLUProv.SU-07/PM.06.02/12/2020 Tanggal 29 Desember 2020 tentang Penerusan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilihan dan menerbitkan surat Nomor : 609/HK.02-SD/1210/KPU Kab/XII/2020 Rantauprapat, juga bersifat penting terhadap pemanggilan Ketua PPK Kecamatan.

“Untuk pelanggaran TSM itu bukan ranahnya MK. Itu masuk ranahnya Bawaslu. Sampai hari ini, kami juga masih belum menemukan adanya laporan-laporan tentang adanya pelanggaran administrasi, TSM, dan lain sebagainya,” jelasnya yang saat ini sedang mempelajari berkas tuntutan paslon 02 bersama Sekjen DPP LSM CIFOR Ismail Alex, MI Perangin-Angin merupakan Konseptor dan Pendiri Tim ASRI JITU bersama Ketua Media Centre Labuhanbatu, Junaidi Marpaung.

Sementara itu, beberapa hari sebelumnya, paslon 02 sudah melayangkan gugatan ke MK atas keputusan KPU Kabupaten Labuhanbatu terkait hasil Pilkada Serentak 2020 yang dimenangkan oleh H. Andi Suhaimi Dalimunthe dan Faisal Amri Siregar nomor urut 3 disingkat ASRI.

Mau Gugatan ke MK, DPP LSM CIFOR Ingatkan Alat Bukti Harus Kuat.

Sekjen DPP LSM Corruption Indonesia Funtionary Observation Reign “CIFOR” Ismail Alex, MI Perangin-Angin mengatakan bukti kuat harus dimiliki oleh paslon yang tidak puas dengan hasil akhir Pilkada dan membawa persoalan itu ke Mahkamah Konstitusi (MK). Menurutnya, dalam UU sudah diatur jika sengketa hasil pemilihan bisa diajukan ke MK. Namun untuk menuju ke MK, perlu pertimbangan matang dan bukti yang kuat.

“Kalau misalnya ada (Paslon) mau membawa ke ranah hukum (MK) ya itu hak konstitusional. Karena undang-undang kita memberikan kanal, bahwa penyelesaian sengketa Pilkada itu ya muara akhirnya ke MK, silahkan saja,” katanya.

“Bicara di MK itu alat bukti bukan argumentasi. Kalau memang dianggap layak oleh kuasa hukum paslon dr. H Erik Adtrada Ritong, MKN dan Hj. Elly Rosa Siregar, Spd, MM disingkat ERA nomor urut 3 ya silahkan saja. Yang pastinya KPU Labuhanbatu siap hadapi ke MK begitu tim kuasa hukum H. Andi Suhaimi Dalimunthe- Faisal Amri Siregar. Namun perlu ingat kalau itu emang tidak layak, bila tidak terbukti ya itu menghabiskan energi saja,” tambah Ismail Alex

Selain itu, pendapat hukum kami menjelaskan dasar pengajuan sengketa di MK juga harus berdampak pada hasil perolehan suara. Bukan dugaan pelanggaran biasa. “Kalau hanya dugaan dalam Akta Nomor: 59/ PAN.MK /AP3/12/202 sesuai Peraturan Mahkamah Konstitusi Nomor 6 Tahun 2020 tentang Tata Beracara dalam Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota tersebut tidak bisa dibuktikan dengan alat bukti yang kuat, itu percuma saja dan sia-sia saja, pelanggaran itu tidak berpengaruh dengan selisih hasil suara,” jelasnya.

Secara keseluruhan pelaksanan Pilkada 2020 di Kabupaten Labuhanbatu Provinsi Sumatera Utara berlangsung aman dan lancar. Proses pemungutan suara di kabupaten Labuhanbatu yang menggelar Pilkada berakhir tanpa adanya gejolak berarti.

“DPP LSM CIFOR mendukung dan apresiasi KPU Kabupaten Labuhanbatu selaku penyelenggara sesuai ketentuan hukum berlaku dan terlaksananya Luber dan Jurdi ditambah dukungan Bawaslu dan Pemkab.Labuhabatu bersama aparat keamanan (TNI-Polri) dan masyarakat dan kontestan menjaga kondusifitas pelaksanaan Pilkada. Semua berjalan aman dan lancar,” tutup Ismail Alex.

Dalam berkas gugatan yang diperoleh awak media ini, meminta agar dibatalkannya keputusan KPU Kabupaten Labuhanbatu terkait hasil Pilkada Labuhanbatu 2020. Adapun alasan pemohon meminta pembatalan keputusan KPU tersebut yakni karena adanya sejumlah pelanggaran luar biasa yang dilakukan secara terstruktur, sistematis dan masif.

Dalam hal ini diduga pemilih menggunakan hak pilih lebih dari satu kali / pengguna hak pilih yang tidak berhak menggunakan hak pilih dan penyelenggara pilkada Labuhanbatu turut memenangkan paslon nomor urut 3 dan keterlibatan aparatur Pemkab. Labuhanbatu untuk memenangkan paslon nomor urut 3 dan lain sebagainya.

Diakhir dari berkas gugatan tersebut pemohon dalam hal ini paslon 02 yang diwakili oleh kuasa hukumnya Ikhwaluddin Simatupang, SH, M. Mhum meminta agar MK mengabulkan permohonan pemohon diantaranya mengabulkan permohonan Pemohon untuk seluruhnya.

Lanjutnya, membatalkan putusan KPU Labuhanbatu Nomor 176/PL.02.6-Kpt/1210/KPU-Kab / XII / 2020 tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suaradan Hasil Pemilihan Bupatidan Wakil Bupati Labuhanbatu Tahun 2020, bertanggal16 Desember 2020, yang diumumkan padahari Rabu tanggal 16 Desember 2020, sepanjang perolehan suara masing-masing pasangan calon di TPS – TPS dengan jumlah 35 TPS.

Kemudiana, memerintahkan kepada KPU Kabupaten Labuhanbatu untuk melakukan pemungutan suara ulang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Tahun 2020 di TPS – TPS dengan jumlah 35 TPS.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Pilkada Labuhanbatu 2020 yang sudah ditetapkan oleh KPU ada 16 Desember 2020 lalu dimenangkan oleh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu nomor urut 3 yakni H. Andi Suhaimi Dalimunthe dan Faisal Amri Siregar. Pasangan yang di usung dukung partai Golkar ini meraih suara sebanyak 838 suara.

(tim)

Facebook Comments

Komentar

News Feed