oleh

Ini Kata Aprilliati dihari Lahir Pancasila

Bandar Lampung – Hari lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni tiap tahunnya.Pentingnya memperingati Hari Lahir Pancasila tidak hanya karena ini bernilai sejarah, tetapi karena makna yang terkandung dalam setiap butir sila Pancasila merupakan hal yang harus dihayati setiap saat oleh warga Indonesia.

“Tujuan hari lahir Pancasila salah satunya untuk mengingat Pancasila sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas dan kewajiban dimanapun kita berada, dan juga untuk mengingat bahwa penerapan butir-butir Pancasila dapat menjaga negeri dari tantangan zaman, seperti intoleransi, radikalisme dan lain-lain,” jelasnya.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Lampung ini mengatakan, pelaksanaan dan pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan Indonesia.

“Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia. Dengan demikian, Pancasila tidak hanya dasar negara, melainkan juga falsafah hidup untuk seluruh warga negara Indonesia,” ucap dia.

Anggota Komisi V DPRD Lampung ini juga menjelaskan, peranan perempuan dalam mengamalkan butir-butir nilai Pancasila, secara tak sadar sudah dilakukan dalam kehidupan sehari-hari misalnya dalam melestarikan nilai-nilai luhur Pancasila seperti memberikan pendidikan yang berkarakter kepada anak-anak, mengajarkan anak untuk beribadah, mudah berempati terhadap lingkungan sekitar, menjadi penengah disaat terdapat perselisihan dalam keluarga.

“Negara yang besar, ialah negara yang menghargai jasa-jasa pahlawannya dengan mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan terdahulu dengan hal-hal yang positif agar menjadi bangsa yang damai dan bermartabat. Selamat hari lahir Pancasila.”tutupnya

Facebook Comments

Komentar

News Feed