oleh

TMMD ke-112 TA 2021 Kodim 1301/Sangihe Resmi Ditutup

Tahuna – Sulawesi Utara : Pelaksanaan pekerjaan TMMD ke-112 TA 2021 Kodim 1301/Sangihe yang dilaksanakan di Desa Pindang Kecamatan Manganitu Selatan Kab resmi ditutup oleh Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME, di Pendopo Bupatu, Kamis (14/10).

30 hari sudah dilewati oleh pasukan Satgas TMMD di Desa Pindang membangun sasaran fisik TMMD berupa perintisan jalan, pembuatan tanggul, termasuk sasaran tambahan berupa pengecatan gereja dan masjid, tidak hanya berhenti disitu Satgas TMMD juga banyak membantu masyarakat dari berbagai aspek kebutuhan masyarakat, seperti pemasangan keramik hingga pembuatan tangga untuk salah satu warga di Desa Pindang.

Kegiatan TMMD yang berlangsung bukan tanpa halangan dan rintangan seperti terjadinya badai yang menerjang Pos Kotis dan tenda prajurit, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat prajurit dalam melaksanakan TMMD di Desa Pindang. Peninjauan dan pengawasan baik dari Staf Teritorial Angkatan Darat (Sterad), Staf Teritorial Kodam XIII/Merdeka (Sterdam XIII/Mdk) hingga peninjauan oleh Dinas PU Sangihe dan telah dinyatakan berhasil dan berjalan sesuai dengan rencana.

Komandan Kodim 1301/Sangihe yang juga selaku Dansatgas Letkol Arm Lukas Meinardo Sormin, SIP., M.I.Pol mengatakan, asaran fisik utama, seperti perintisan jalan sepanjang 2000 meter lebar 3,5 meter, rabat beton 250 meter dengan lebar 3,5 meter, dan tanggul penahan longsor setinggi 2 meter sepanjang 25 meter, tuntas 100% di kerjakan oleh satgas TMMD

“Berbagai penyuluhan dan Bantuan Sosial (Bansos) seperti sembako yang di berikan kepada masyarakat di lokasi TMMD masuk dalam Sasaran Non Fisik,” ungkap Sormin.

Lanjut dikatakan, meski selama TMMD berlangsung cuaca tidak bersahabat, namun semua kegiatan dapat terlaksana aman dan lancar tanpa ada kendala.

“Kami TNI juga berterimakasih kepada masyarakat Pindang yang mana masyarakat sangat mendukung dan saling membaur bersama TNI sukseskan program TMMD ke 112,” jelasnya.

Dan Satgas juga berharap program TMMD yang tergelar di Kampung Pindang ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan mampu membantu kesulitan – kesulitan yang selama ini dirasakan.

“Dan mampu menjadi modal awal bagi masyarakat pindang dalam mencapai kesejahteraan,” Pungkas Dan Satgas.

Sementara itu Bupati pada kesempatan tersebut mengatakan, bahwa operasi bakti TNI dilaksanakan dalam berbagai wujud.

“Operasi bakti TNI dilaksanakan dalam berbagai wujud, yang salah satunya adalah program TNI manunggal membangun desa(TMMD) yang kali ini dilaksanakan di Desa Pindang Kecamatan Manganitu Selatan dengan tema TMMD wujud sinergi membangun negeri,” ungkap Gaghana.

“Sesuai dengan tema yang diangkat, segala kegiatan yang dilaksanakan selama 1 (satu) bulan ini benar benar telah menunjukan bentuk sinergi yang baik antara sesama satuan tugas (Satgas) TMMD termasuk dengan masyarakat dan pemerintah daerah,” sambung dia.

Terpisah Elfemia Cicilia Frans selaku Kapitalaung Pindang mengungkapkan, dengan adanya pembangunan sarana jalan di wilayahnya melalui Program TNI Manunggal Membangun Desa ke 112 Kodim 1301/Sangihe, ini merupakan anugrah dan berkah tersendiri bagi seluruh masyarakat di kampungnya, karena fasilitas tersebut akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang sebagian besar berprofesi sebagai petani untuk dapat mempermudah mengangkut hasil pertanian mereka, selain itu juga memberikan kemudahan anak-anak menjangkau sekolahnya.

“Sebagian besar mata pencaharian warga berprofesi sebagai petani, selama ini kendala dan keluhan mereka adalah sarana jalan untuk mempermudah pengangkutan hasil pertanian, berkat adanya kegiatan TMMD ini hasilnya sangat berdampak besar bagi kami,” ungkap Elfemia.

Mewakili seluruh warga kampung Pindang dirinya mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya, kepada bapak-bapak TNI yang telah bekerja mewujudkan mimpi kami, semula kondisi jalan yang hanya jalan setapak dan tidak bisa dilalui kendaraan saat ini telah terbuka lebar.

“Sehingga manfaatnya sungguh luar biasa bagi warga, kedepan jika ada program seperti ini kami semua berharap bapak-bapak TNI bisa kembali hadir di kampung kami,” tutup Elfemia. (christian abdul)

Facebook Comments

Komentar

News Feed