oleh

Pemkab Lamsel Gelar Peringatan Hari Pahlawan ke 76

Lampung Selatan,Newskabarindonesia.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar upacara bendera perdana dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke-76 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lampung Selatan ke-65 tahun 2021.

Upacara yang digelar di Lapangan Korpri Kalianda, komplek Pemkab setempat, pada Rabu pagi (10/11/2021), baru dilaksanakan setelah dua tahun sebelumnya tidak diadakan.

Mengingat, kondisi pandemi COVID-19 yang tidak menganjurkan diadakannya upacara peringatan apapun. Namun seiring melandainya kasus COVID-19 di Kabupaten Lampung Selatan, upacara yang biasa digelar di Lapangan Korpri kembali dilaksanakan.

Meski demikian, upacara dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan hanya diikuti peserta dari TNI/POLRI serta PNS dengan jumlah yang terbatas.

Turut hadir, anggota Forkopimda Kabupaten Lampung Selatan diantaranya, Kapolres AKBP Edwin, Dandim 0421/LS Letkol Inf. Enrico Setyo Nugroho, dan Kajari Dwi Astuti Beniyati.

Selain itu, hadir juga Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa, Wakil Ketua I DPRD Lampung Selatan Agus Sartono, Ketua PN dan PA, Kepala Kantor Kementerian Agama Lampung Selatan serta anggota Veteran, Pepabri, dan Warakauri Lampung Selatan.

Sementara itu, bertindak selaku Pembina Upacara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto. Sedangkan Kapten Inf. Paino yang saat ini menjabat sebagai WS Pasi Intel Kodim 0421/Lampung Selatan didapuk sebagai pemimpin upacara.

Sedangkan Kapten Inf. Imron Nata yang saat ini menjabat sebagai Danramil Palas sekaligus WS Pasi Pers Kodim 0421/Lampung Selatan bertugas sebagai Perwira Upacara.

Upacara kali ini diawali dengan pemgibaran bendera merah putih oleh tiga orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Lampung Selatan.

Mereka yakni, Dewo Prahara Abiyoso dari SMAN 1 Kalianda bertugas sebagai pembentang, Sandy Aulia Kusuma dari SMA 1 Kalianda bertugas sebagai penggerek dan Regina Puspita Harlianda dari SMAN 2 Kalianda yang bertugas sebagai pembawa bendera.

Kemudian upacara dilanjutkan mengheningkan cipta dan pembacaan naskah Pancasila oleh Pembina Upacara. Lalu dilanjutkan pembacaan pembukaan UUD 1945, pembacaan pesan-pesan pahlawan, amanat Pembina Upacara, dan ditutup dengan doa.

Sementara, pada kesempatan itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto selaku Pembina Upacara menyampaikan amanat Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini.

Melalui peringatan Hari Pahlawan tahun 2021, Nanang mengajak seluruh peserta upacara bersama-sama bahu membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan.

“Yaitu dengan cara memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai dengan kemampuan dan profesi kita masing-masing,” ujar Nanang.

Melalui peringatan Hari Pahlawan, Nanang juga menyerukan agar nilai-nilai kepahlawaan dapat menjadi inspirasi disetiap langkah yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi.

Karena kata Nanang, setiap orang bisa menjadi pahlawan dibidang apapun. Dan bahkan bisa pula memulai dengan menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarga dan komunitasnya.

“Semangat, tekad dan keyakinan pahlawan harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah mengalahkan musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas,” kata Nanang.

Selanjutnya, terkait peringatan hari jadi Kabupaten Lampung Selatan, Nanang mengatakan, hal itu adalah momentum sejarah bagi masyarakat dalam rangka mewujudkan rasa syukur akan berbagai anugerah dan karunia yang diberikan kepada Kabupaten Lampung Selatan.

“Marilah kita jadikan peringatan hari jadi Kabupaten Lampung Selatan ini sebagai refleksi terhadap jati diri yang diinspirasi oleh para pejuang pendiri kabupaten ini,” ujar Nanang.

Lebih lanjut Nanang menyampaikan, 65 tahun telah berjalan. Dimana Kabupaten Lampung Selatan yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1956, tanggal 14 November 1956, yang pada awalnya merupakan bagian dari wilayah Provinsi Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), telah menjadi kabupaten yang berdiri sendiri.

“Untuk itu kita patut berbangga hati khususnya kepada para pejuang pendiri kabupaten ini. Maka kita harus senantiasa memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya guna mengenang kembali akan jasa-jasa dan darma bhakti para pejuang terdahulu terhadap Kabupaten Lampung Selatan,” pungkasnya.

Setelah upacara bendera di Lapangan Korpri, peringatan Hari Pahlawan ke-76 dan HUT Kabupaten Lampung Selatan ke-65 tahun 2021 dilanjutkan dengan upacara ziarah dan tabur bunga di Taman makam Pahalwan Kusuma Bangsa, Kalianda. (Imron/kmf/Red)

Facebook Comments

Komentar

News Feed