oleh

Pemkab Lamsel Gelar Sunatan Massal di 17 Kecamatan

Newskabarindonesia.com : Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Dinas Kesehatan menggelar gerakan sunatan massal gratis di seluruh UPTD Puskesmas yang tersebar di 17 Kecamatan se-Kabupaten Lampung Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan Joniansyah mengatakan, kegiatan tersebut tercetus atas dasar inisiatif Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto beserta sang istri Hj. Winarni, sebagai gerakan peduli kepada masyarakat yang kurang mampu.

“Program itu atas dasar inisiatif bapak bupati dan ibu, agar kita melaksanakan salah satu kegiatan gratis di masing-masing Puskesmas. Ini kita lakukan di seluruh Puskesmas,” kata Joniansyah kepada Diskominfo Lamsel melalui sambungan telepon, Jumat (12/11/2021).

Joniansyah menambahkan, gerakan tersebut juga merupakan salah satu kegiatan dari Dinas Kesehatan menyambut Hari Kesehatan Nasional, yang jatuh pada Jumat 12 November 2021.

“Dalam rangka gerakan peduli kepada masyarakat, Dinas Kesehatan untuk mengakomodir orang-orang yang tidak mampu. Itu juga dalam rangka menjelang Hari Kesehatan Nasional 2021. Salah satu kegiatan kita ya sunat massal itu juga,” katanya.

Joniansyah menyatakan, untuk mendapatkan pelayanan gratis itu, masyarakat hanya perlu datang ke UPTD Puskesmas masing-masing, tanpa perlu membawa syarat-syarat khusus.

“Ngak ada syarat, cukup datang saja ke wilayah kerja Puskesmas masing-masing. Nanti sudah dilayani, tidak ada syarat-syarat khusus,” ucap Joniansyah.

Lebih lanjut Joniansyah menyampaikan, gerakan sunat massal gratis itu dilaksanakan setiap hari Jumat pada masing-masing UPTD Puskesmas. Namun tidak serta merta serentak pada hari yang sama. Hal tersebut dikarenakan, saat ini Pemkab Lampung Selatan tengah fokus menggencarkan vaksinasi Covid-19.

“Ini (sunat massal) sudah kita laksanakan dari waktu itu, sudah sebulan berjalan. Tapi memang tidak serta merta serentak semua Puskesmas berjalan sekaligus dihari yang sama. Tergantung dengan situasi Puskesmasnya. Karena kita lagi sibuk vaksin nih, tapi sekarang ini sudah banyak Puskesmas yang melaksanakan,” jelasnya.

Joniansyah mengatakan, gerakan sunat massal gratis itu akan terus berlangsung hingga akhir tahun 2021 ini. Namun pelaksanaannya tergantung pada masing-masing UPTD Puskesmas.

“Sampai akhir tahun masih tetap berjalan, tapi untuk jadwal pelaksanaan resminya itu ada di Puskesmas masing-masing, ngak kita tentukan. Nanti Puskes yang bersangkutan yang akan menyampaikan kepada masyarakat di wilayah kerjanya masing-masing kapan mereka akan melaksanakan sunat massal itu,” tandasnya. (Imron/ptm/Red)

Facebook Comments

Komentar

News Feed