oleh

Bunda PAUD Lamsel Buka Bumtek PAUD HI

Lampung Selatan,Newskabarindonesia.Com : Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) se-Lampung Selatan, di Aula Rajabasa, kantor bupati setempat, Selasa (23/11/2021).

Kegiatan yang digelar oleh Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Tendik) Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Lampung Selatan itu, akan berlangsung selama dua hari berturut-turut, yaitu pada hari Selasa 23 November 2021 hingga Rabu 24 November 2021.

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Anasrullah, Kepala Dinas Kesehatan Joniansyah, Kanit Unit PPA Satreskim Polres Lamsel Ipda Ekey Amalia Sari, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Yani Thamrin, para Bunda PAUD Kecamatan se-Lampung Selatan serta beberapa tamu undangan lainnya.

Ketua HIMPAUDI Kabupaten Lampung Selatan Dyah Atik Citra Rukmi mengatakan, kegiatan Bimtek PAUD HI diikuti oleh 306 peserta, yang terdiri dari Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini se-Kabupaten Lampung Selatan.

Dirinya menambahkan, tujuan diselenggarakannya kegiatan Bimtek PAUD HI itu guna meningkatkan kapasitas Pendidik dan Tenaga Pendidik di Kabupaten Lampung Selatan.

“Tujuan(Bimtek) untuk meningkatkan mutu dan pengetahuan pendidikan dan tenaga kependidikan menuju PAUD berkualitas melalui PAUD HI. Karena PAUD HI yang berkualitas merupakan investasi penting dalam pembangunan sumber generasi,” ujarnya.

Sementara, Bunda PAUD Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto mengatakan, kegiatan itu merupakan salah satu sarana, guna meningkatkan pengetahuan dan wawasan Tenaga Pendidik PAUD dalam menciptakan kebutuhan esensial anak usia dini.

“Menciptakan kebutuhan esensial anak usia dini, yang meliputi pendidikan, pengasuhan positif, perlindungan, kesehatan, kesejahteraan menuju anak sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia,” kata Bunda Winarni saat menyampaikan sambutan.

Bunda Winarni menambahkan, kegiatan Bimtek itu juga menjadi salah satu upaya dalam merancang pendidikan yang berkualitas, sekaligus sebagai sarana pengembangan sistem PAUD HI di Kabupaten Lampung Selatan.

“Saya minta pelaksanaan PAUD Holistik Integratif ini harus dilakukan secara simultan, sistematis, menyeluruh, terintegrasi dan berkesinambungan,” imbuhnya.

Oleh karena itu, lanjut Bunda Winarni, penanganan anak usia dini juga harus dilakukan secara utuh dan menyeluruh, yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, serta perlindungan terhadap anak.

Hal itu, kata dia, dilakukan guna mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang akan dilakukan secara terpadu oleh seluruh pemangku kepentingan di dunia pendidikan.

“Dengan demikian berbagai aspek perkembangan anak, seperti fisik, bahasa dan sosial emosional harus menjadi perhatian khusus yang teritegrasi didalam kurikulum pendidikan anak usia dini,” jelasnya.

Winarni berharap, para peserta dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh. Sehingga nantinya dapat memahami secara jelas mengenai pengembangan PAUD HI.

“Harapan saya kepada seluruh peserta bimtek untuk dapat bersungguh-sungguh dalam menerima materi yang dipaparkan ataupun yang diberikan oleh pemateri,” harapnya.

Sementara itu, pada hari pertama, kegiatan Bimtek PAUD HI itu menghadirkan 3 narasumber sekaligus, dengan pemateri pertama Devi Arminanto yang akan memaparkan materi dengan tema Pemantauan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak.

Selanjutnya, pemateri kedua, Bripka Eko Herwinanda dengan tema Menciptakan Keamanan di Lingkungan PAUD Dalam Upaya Terwujudnya PAUD HI dan Pemateri Ketiga Toni Fisher dengan tema Perlindungan dan Pengasuhan di Satuan PAUD Dalam Mendukung Terselenggaranya PAUD HI. (Imron/kmf/Red)

Facebook Comments

Komentar

News Feed