Hendry Rosyadi Sosialisasikan Idiologi Pancasila

Lampung Selatan

Lampung Selatan,Newskabarindonesia.com : Ketua DPRD Lampung Selatan (Lamsel), H. Hendry Rosyadi, SH, MH, kembali menggelar sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan terhadap masyarakat di dapil I Kalianda – Rajabasa.

Kegiatan tersebut dipusatkan di Kebun Durian Premium Mulya Family dan dihadiri langsung oleh ratusan masyarakat yang terdiri dari dua desa, yakni Desa Kedaton, dan Desa Hara Banjarmanis, Rabu, (17/05/23).
Ideologi Pancasila adalah kumpulan nilai dan norma yang menjadi landasan keyakinan dan cara berpikir untuk mencapai tujuan berdasarkan lima sila yang ada.

“Pancasila sebagai ideologi negara mengalami masa perkembangan, seperti halnya dimasa orde lama dan orde baru dan era reformasi. Jadi dari semua pihak menyetujui jika ideologi adalah kumpulan gagasan yang disepakati bersama dan merupakan ciri khas bangsa kita, kita semua wajib bangga” ujar Hero.

Adapun fungsi dari Pancasila sebagai ideologi negara yakni diantaranya :

Menyatukan bangsa Indonesia.Membimbing dan mengarahkan bangsa Indonesia dal mencapai tujuan bernegara. Sebagai Identitas bangsa Indonesia.Mewujudkan keadaan dalam cita-cita Pancasila. Menjadi pedoman dalam kehidupan bangsa Indonesia.Selain menjelaskan tentang Ideologi Pancasila, Hendry Rosyadi (Hero_red) juga mengajak masyarakat untuk mengetahui pentingnya wawasan kebangsaan. Dimana wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa yang tidak dapat terpisahkan serta diatur dalam Pancasila dan UUD 1945.

“Jadi dalam asasnya bahwa hal ini merupakan ketentuan dasar yang harus ditaati, dipatuhi, dan dipelihara” jelasnya.

“Jadi kepentingan bangsa itu merupakan kepentingan pribadi atau golongan. Karena nilai dalam wawasan kebangsaan ini diantaranya yakni saling menghargai sesama, cinta tanah air, demokrasi dan kedaulatan rakyat, serta masyarakat yang adil dan makmur dalam kesetiakawanan sosial” tutupnya. (Imron/Red)

About The Author

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda...!