Pelindo Multi Terminal Jaga Kualitas Lingkungan Pelabuhan Tanjung Wangi 

Kabar Daerah Medan

MEDANnewskabarindonesia.com: PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), sebagai Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) terus berkomitmen menjaga kelestarian ekosistem pesisir, khususnya di sekitar area operasional yang dikelola SPMT dengan berbagai upaya terpadu, Selasa (11/7/2023).

Sekretaris Perusahaan Pelindo Multi Terminal Fiona Sari Utami menyebutkan upaya kelestarian menjaga pesisir ini salah satunya melakukan kegiatan penghijauan di pelabuhan melalui aksi penanaman 30 pohon Trembesi di area Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi sepanjang bulan Juni 2023.

Tak hanya melindungi ekosistem pantai, penghijauan di area pelabuhan Tanjung Wangi berperan penting untuk menurunkan dan mengurangi kadar gas emisi dari kegiatan bisnis di pelabuhan.

“Hadirnya pepohonan di area pelabuhan dapat menyerap dan menyaring gas karbon, sehingga menjaga kualitas udara di sekitar area pelabuhan dan membawa dampak positif bagi pekerja di lapangan serta lingkungan sekitar,” ucap Fiona.

Di sisi lain, Branch Manager Tanjung Wangi, Tonny Hendra Cahyadi juga menyebutkan bahwa penghijauan tak hanya terbatas di area pelabuhan saja, namun juga dilakukan di area pendukung di sekitar pelabuhan.

“Penghijauan pelabuhan yang secara berkala dilakukan oleh Branch Tanjung Wangi tak hanya dilakukan di area sekitar pelabuhan, SPMT juga sebelumnya telah melakukan penanaman pohon di sekitar area jalan di sepanjang pelabuhan Tanjung Wangi,” tutur Tonny.

Sebagai bagian dari upaya Pelindo Multi Terminal dalam menjaga kualitas lingkungan, Branch Tanjung Wangi juga berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Lingkungan (DLHK) Banyuwangi dalam upaya meminimalisasi dampak lingkungan saat operasional pelabuhan.

“Tak hanya itu, kami juga hadir di tengah masyarakat melalui kegiatan Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan melalui pengecekan & konsultasi kesehatan, pemberian fasilitas kebersihan, hingga bantuan fasilitas pendidikan dan pembangunan rumah ibadah di lingkungan warga masyarakat di sekitar Pelabuhan Tanjung Wangi sebagai wujud kepedulian kami,” ungkap Fiona.

SPMT Branch Tanjung Wangi saat ini juga tengah melaksanakan transformasi dan standarisasi operasional di Pelabuhan Tanjung Wangi, semakin meningkatkan kualitas layanan operasional yang lebih baik dan memuaskan pengguna jasa.

“Hal ini agar tercipta standarisasi layanan operasional untuk mendukung kinerja Pelindo Multi Terminal untuk konektivitas Indonesia sesuai dengan visi SPMT yaitu Indonesia’s Connectivity Champion,” pungkas Fiona.

TENTANG PELINDO MULTI TERMINAL

Pelindo Multi Terminal (SPMT) merupakan Sub-Holding PT Pelindo (Persero) yang fokus pada pengelolaan operasional terminal non-petikemas/multipurpose. SPMT dalam kegiatan operasionalnya mengelola 10 Branch yang tersebar di wilayah Sumatera yaitu di Belawan dan Dumai, pulau Jawa seperti Jamrud Nilam Mirah, Tanjung Intan, Tanjung Wangi, di Kalimantan yaitu Bagendang, Bumiharjo, Trisakti dan Balikpapan serta di Pulau Sulawesi berada di Makassar.

SPMT saat ini juga mengelola 3 Anak Perusahaan, yaitu PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP), PT Indonesia Kendaraan Terminal, Tbk. (IPCC) yang merupakan terminal kendaraan terbesar di ASEAN, dan PT Terminal Curah Utama (TCU).

(Rikcy)

 

About The Author

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda...!