oleh

45 Desa Penerima Pamsimas tahun 2019, Desa Simpang Abung Mulai di Kerjakan

Lampung Utara – Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dari 232 Desa yang ada di Kabupaten Lampung Utara 45 Desa mulai melaksanakan pembangunannya.

Hal itu dijelaskan Kepala Bidang Pengawasan Pemukiman Tabrani Sulaiman dan Kepala Bidang Perumahan, Wahyudi Prajamukti, bahwa program Pamsimas yang merupakan program Pemerintah Pusat itu telah mulai berjalan di Kabupaten Lampung Utara pada tahun 2019 ini mendapatkan alokasi program Pamsimas sebanyak 45 Desa yang tersebar di 19 kecamatan dan telah mulai dilaksanakan pembangunannya.

“Sudah mulai dikaksanakan, tahun ini yang mendapatkan alokasi pamsimas ada 45 desa dan tersebar di 19 kecamatan,” kata Tabrani Sulaiman, Minggu (28/7/2019).

Sementara Kepala Bidang Perumahan, DPKP Lampung Utara Wahyudi Prajamukti menembahkan dari 45 Desa yang menerima program Pamsimas tersebut ada yang mendapatkan realisasi anggarannya melalui APBN dan ada yang melalui APBD Kabupaten Lampung Utara. Menurutnya sebanyak 36 Desa mendapatkan aloaksi anggaran dari APBN dan 9 Desa lainnya dari APBD Kabupaten setempat.

Dia menjelaskan untuk penerima program Pamsimas tahun 2019 di Kabupaten Lampung Utara, diantaranya Kecamatan Kotabumi Utara ada 4 Desa, Kecamatan Abung Semuli 1 Desa, Kecamatan Abung Kunang 3 Desa, Abung Pekurun 2 Desa, Bunga Mayang 2 Desa, Sungkai Tengah 2 Desa, Sungkai Selatan 3 Desa, Abung Tengah 2 Desa, Sungkai Barat 2 Desa, Muara Sungkai 5 Desa, Tanjung Raja 4 Desa, Bukit Kemuning 2 Desa, Sungkai Jaya 2 Desa, Abung Barat 3 desa, Kotabumi 3 Desa, Sungkai Utara 2 Desa, dan Kecamatan Abung Timur, Abung Tinggi, Abung Surakarta masing-masing 1 Desa.

Salah satu Penerima Program Pamsimas tahun 2019 Kepala Desa Simpang Abung, Kecamatan Abung Barat, Tarmizi mengungkapkan adanya alokasi bantuan program Pamsimas tersebut masyarakat di desanya merasa senang. Karena dengan adanya bantuan program tersebut masyarakat akan menikmati aliran air bersih yang langsung ke rumah-rumah warga.

“Masyarakat sangat antusias menerima bantuan ini, ini pelaksanaannya di desa kita sudah dimulai. Bersama kelompok kerja dengan masyarakat kegiatan ini sudah dilakukan di lokasi untuk titik sumur bor dan persiapan lainnya,”ujarnya.

Ditemui diloaksi pelaksanaan pembangunan sumur bor alokasi Pamsimas di Desa Simpang Abung, Ansori warga Dusun I, mengungkapkan bahwa masyarakat merasa sangat terbantu atas realisasi bantuan yang diperuntukan untuk desa tersebut.

“Ya, yang jelas kami masyarakat mengucapkan terimakasih lah pak, atas bantuan ini, dengan adanya bantuan ini air bisa langsung mengalir ke rumah-rumah kami. Karena kata pak kades rencananya alirannya akan langsung ke rumah-rumah,” pungkasnya.(Bib/yn)

Facebook Comments

Komentar

News Feed