Kendalikan Kogasgabratmin, Panglima Kolinlamil On Board di KRI Bintuni 520

Apakabar INDONESIA

JAKARTA, newskabarindonesia.com– Panglima Komando Lintas Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. sebagai Panglima Komando Satuan Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin) pada Latgab TNI 2019 berangkat bersama KRI Teluk Bintuni 520 untuk mengikuti Latihan Gabungan (Latgab) TNI tahun 2019 dari Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (11/9).

Keberangkatan Panglima Kolinlamil dilepas seluruh jajaran Kolinlamil dalam sebuah seremoni dengan sebagai tradisi yang mencerminkan loyalitas dan penghormatan seluruh prajurit Kolinlamil kepada Panglimanya.

KRI Teluk Bintuni 520 sebagai kapal markas Kogasgabratmin akan mendaratkan pasukan Kogasratgab dalam operasi pendaratan administrasi.

Dalam Latgab TNI 2019 Kolinlamil mengerahkan 2 unsurnya, yaitu KRI Teluk Bintuni 520 dibawah kendali Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin) dan KRI Banda Aceh 593 yang dibawah kendali Komando Tugas Gabungan Amfibi (Kogasgabfib). Berbagai taktik operasi laut akan diuji dalam latihan gabungan 3 matra ini, selain untuk melihat interoperabilitas alutsista antar matra dalam melaksanakan operasi militer gabungan.

Dalam Latgab TNI 2019 melibatkan 11.823 prajurit TNI yang terlibat dalam manuver lapangan dan _fire power demo_ (FPD) yang akan digelar mulai tanggal 9-12 September 2019 mendatang di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Asembagus, Banyuwangi.

Latgab TNI 2019 dengan sandi “Dharma Yudha” mengambil tema, “Komando Gabungan TNI melaksanakan kampanye militer di mandala operasi dalam rangka menegakkan kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI.” yang didukung oleh Komando Tugas Udara Gabungan (Kogasudgab), Komando Tugas Gabungan Darat (Kogasratgab), Komandon Tugas Gabungan Laut (Kogasgabla), Komando Tugas Gabungan Lintas Udara (Kogasgablinud), Komando Tugas Gabungan Amfibi (Kogasgabfib), Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin) dan didukung oleh Satuan Tugas Dukungan (Satgasduk) Logistik, Komunikasi Elektronika (Komlek), Perang Elektronika (Pernika), Kesehatan dan Pasukan Khusus.

Sebelumnya telah dilaksanakan Geladi Posko di Sesko TNI, Bandung, pada 26 Agustus sampai 03 September 2019. Geladi Posko merupakan sarana melatih kesiapan para pelaku latihan dalam merencanakan sebuah operasi militer perang dan mensimulasikannya di atas meja atau lebih dikenal dengan Tactical Floor Game (TFG).(Red)

About The Author

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda...!