oleh

Ketua Dekranasda Riana Arinal Sampaikan Kunci Sukses UMKM

Bandar Lampung : Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal menyampaikan kunci sukses memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menghadapi tantangan pandemi Covid-19 melalui Kaway Plastik dalam Talk Show spesial HUT Lampung Post ke- 46 dan HUT Radio SAI 100 FM ke- 6 di Halaman Kantor Lampung Post, Jumat (14/8/2020).

Acara yang berdurasi 60 menit ini mengangkat tema “Perempuan Kreatif, Aman Covid-19”.

“Terciptanya kaway plastik ini karena situasi pandemi Covid-19. Pandemi ini berdampak pada semua sektor tidak hanya kesehatan tetapi juga sektor ekonomi salah satunya adalah para perajin,” ujar Ibu Riana.

Kaway Plastik sendiri, lanjut Ibu Riana, merupakan karya kreatif terinspirasi dari Alat Pelindung Diri (APD) yang dikombinasikan dengan tapis kerajinan khas Lampung yang dihasilkan UMKM.

Kaway Plastik ini juga semakin dikembangkan dengan para desainer melalui lomba Desain Kaway Plastik New Normal yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Ibu Riana menuturkan juga akan memberi ruang kepada para desainer untuk memajang hasil desain lombanya di galeri Dekranasda Provinsi Lampung.

Selain Kaway Plastik, Ibu Riana juga melakukan inovasi untuk menggerakan sektor UMKM melalui Toples motif Batik Sembage Lampung. Menariknya, toples ini juga akan dihiasi dengan tulisan tangan Ibu Riana Sari Arinal berupa pantun.

Untuk inovasi selanjutnya, Ibu Riana menyebutkan kedepannya akan juga memberdayakan para pelukis yang ada di Provinsi Lampung. Ibu Riana meminta di tengah pandemi Covid-19 saat ini, masyarakat khususnya para kaum perempuan untuk tetap semangat dan terus berinovasi.

Hadir juga pada acara tersebut Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung Agus Nompitu dan Desainer Kaway Plastik yang juga juara dua Lomba Desain Kaway Plastik New Normal Kisana.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung Agus Nompitu menilai Ibu Riana Sari Arinal memiliki kontribusi yang besar dalam membantu pemerintah memberdayakan UMKM ditengah pandemi Covid-19.

Agus menyebutkan baik Kaway Plastik maupun Toples Sembage juga akan dipromosikan ke seluruh Indonesia, salah satunya di Small and Medium Enterprises and Cooperatives (Smesco) Jakarta.

“Karena kita sudah ada galeri di Smesco, nanti kita dorong kesana dan juga dibeberapa titik di Indonesia,” katanya. (Adpim)

Facebook Comments

Komentar

News Feed