Program KB Nasional, Ini Pesan Bupati Labuhanbatu

Apakabar INDONESIA

Labuhanbatu-newskabarindonesia.com : Kampung KB adalah program Nasional yang direncanakan langsung oleh Presiden Republik Indonesia sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang dimulai dari desa atau kelurahan. Program ini sangat strategis dan menjadi pintu gerbang masuknya berbagai aspek pembangunan seperti bidang sarana dan prasarana jalan, pendidikan, kesehatan, pertanian, peternakan sosial dan lain sebagainya. Rabu ( 19 /8/2020.)

Bupati berharap, Setelah lebih 2 tahun dikembangkan , agar masyarakat berperan aktif mendukung program Kampung KB dan program lainnya, sehingga apa yang dicita-citakan pemerintah dapat terwujud. Pemerintah daerah melalui organisasi perangkat daerah yang terkait akan terus berupaya melakukan berbagai intervensi untuk mengurai permasalahan yang dihadapi masyarakat, untuk itu Mari kita bekerjasama dan sama-sama bekerja demi terwujudnya masyarakat Labuhanbatu yang maju dan sejahtera. Ucap bupati

Hari ini Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dan Kodim 0209/LB menerima penghargaan terbaik pelayanan KB serentak sejuta akseptor, yang merupakan peran tokoh agama, tokoh masyarakat tokoh pemuda serta para kader tangguh yang bekerja dengan sukarela untuk meraih kemajuan dan kesejahteraan ini. “Dari ini saya mengucapkan terima kasih kepada ibu-ibu PKK, para kader KB, kader dasawisma serta posyandu atas semangatnya yang luar biasa sehingga Kabupaten Labuhanbatu menjadi salah satu kabupaten terbaik dalam mengembangkan Kampung KB di provinsi Sumatera Utara.” sebutnya

Bupati juga , memerintahkan kepada kepala desa agar dapat memanfaatkan dana desa sesuai peruntukannya dan tepat sasaran sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Program Kampung KB ini adalah salah satu program yang dapat dikembangkan dengan memanfaatkan dana desa sehingga masyarakat dapat berperan aktif.tegas bupati.

Hingga saat ini Pemerintah terus melakukan berbagai program dan kegiatan yang menyentuh dan bermanfaat bagi masyarakat. melalui program pemberian beasiswa kepada mahasiswa berprestasi dan kurang mampu, pemberian makanan tambahan bayi dan balita bagi keluarga kurang mampu, pembangunan rumah tidak layak huni, pembangunan sarana jalan, meningkatkan honor guru MDTA dan Sekolah minggu, Bilal mayit serta berbagai pelatihan keterampilan dan sebagainya ke depan akan terus diupayakan peningkatannya sehingga pemerataan pembangunan dapat dirasakan oleh masyarakat.

Adanya, penghargaan, Danrem 022/PT Kolonel Inf. Asep Nugroho, SE. M.Si mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu kerjasama antara TNI dan BKKBN dalam manunggal TNI dan KB-Kes yang dijadikan agenda Nasional secara rutin dilaksanakan mulai level pusat Markas besar TNI hingga tingkat daerah dijajaran Kodim se-Indonesia.

“Penghargaan ini merupakan kerja keras dan kesungguhan prajurit Kodim 0209/LB dalam menyukseskan program KB-Kes, Semoga ini menjadi contoh untuk Kodim yang lain di wilayah jajaran Korem 022/Pantai Timur,” sebut Danrem.

Danrem juga mengingatkan kepada seluruh Tokoh Masyarakat, Agama, Adat dan Pemuda agar tetap menghimbau warganya tentang protokol kesehatan diwilayah masing-masing, karena kepedulian tentang Pandemi Covid-19 ini harus ekstra dilakukan.

Kepala perwakilan BKKBN Provinsi Sumut Drs.Temazaro Zega, M.Kes juga memberikan Apresiasi kepada pihak Pemerintah kabupaten Labuhanbatu, Kodim 0209/LB, Danramil dan para Babinsa jajaran yang senantiasa selalu mendukung program KB dalam membangun kampung KB di Labuhanbatu ini.

“Pemerintah pusat akan mempromosikan Labuhanbatu sebagai tolak ukur kemajuan di Kabupaten dan kota lain yang telah berhasil menjadi Kabupaten terbaik dalam program KB-Kes, Panglima TNI dan BKKBN Pusat telah bekerjasama dalam membangun masyarakat untuk meningkatkan kualitas penduduk dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Sementara Ketua pelaksana kegiatan, Kepala Dinas BP2KB Labuhanbatu Hj.Lidyawati Harahap menyampaikan bahwa Kabupaten Labuhanbatu memiliki 25 kampung KB, awal tahun 2017 sudah dicanangkan 9 Kampung KB dan tahun 2018 dicanangkan 16 Kampung KB, namun saat ini masih 14 Kampung KB yang rutin dilakukan pembinaan. “insha Allah kedepan kami akan rutin melakukan pembinaan secara intens kepada 11 Kampung KB lainya.” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, Pemkab Labuhanbatu menerima penghargaan terbaik III dengan presentasi capaian akseptor tertinggi Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan penghargaan terbaik II Kabupaten dengan presentasi capaian akseptor tertinggi berdasarkan PPM.

Selain itu Kodim 0209/LB juga menerima piagam penghargaan pelayanan KB Serentak sejuta Akseptor serta meraih peringkat Kodim terbaik II se-Sumatera Utara, Piagam tersebut diserahkan langsung oleh Kepala perwakilan BKKBN Provinsi Sumut kepada Bupati dan Danrem 022/PT.

Pada acara tersebut pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui Dinas BP2KB memberikan bantuan dukungan Kampung KB berupa Pemberian vitamin A dan PMT kepada balita, pemberian makanan tambahan untuk ibu hamil, pemberian KIA dan Akte kelahiran, pemberian mesin rumput, mukena, dan bantuan sarana kelompok UPPKS di kampung KB. (A.lubis/red)

About The Author

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda...!