Kompak, 11 Kades Di Lambar Terkesan Tak Indahkan Perpres No 39

Apakabar INDONESIA Lampung Barat

Newskabarindonesia.com : Sebanyak 11 kepala desa di kecamatan lumbok seminung, Kabupaten Lampung barat terkesan tak mengindahkan peraturan presiden republik Indonesia ( Perpres RI ) Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia.

Pada Rabu siang ( 26/08 ), tak ada Satu pun kepala desa atau peratin Di kecamatan Lumbok seminung hadir dalam Video Converence ( Vidcon ) di Kantor Kecamatan setempat terkait Sosialisasi pelaksanaan sensus penduduk Tahun 2020 yang digelar oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung Barat.

Padahal, Tujuan utama kegiatan sosialisasi Sensus Penduduk tahun 2020 yakni agar masyarakat mendapat informasi yang utuh dan Pemahaman yang jelas tentang Registrasi Sensus Penduduk serta hal hal terkait lainnya.

Terlebih dengan digunakannya metode kombinasi dalam Pelaksanaan SP 2020 yang menitik beratkan masyarakat pada penggunaan basis data registrasi penduduk serta teknologi serba online, dalam hal ini tentu warga perlu mendapat pemahaman yang jelas khususnya dari perangkat desa masing-masing.

Mirisnya, Meski kegiatan dinilai sangat penting, Seluruh kepala desa atau perangkatnya di 11 Pekon , Se-kecamatan Lumbok seminung tak ada yang menghadiri dan mengikuti Vidcon Sensus penduduk tersebut. Padahal undangan kegiatan dari pemerintah kabupaten sudah di berikan melalui kecamatan dan Kecamatan sudah meneruskan ke masing-masing Pekon yang ada.

Sekcam kecamatan lumbok seminung, Henderi Wijaya Menjelaskan Vidcon Sensus penduduk yang digelar merupakan kegiatan yang sangat penting khususnya bagi pemahaman kepada masyarakat. Ia juga mengatakan sudah mengundang seluruh kades yang ada. Namun, saat berlangsung nya sosialisasi hingga selesai, Tak ada satupun kepala desa atau perangkat pekon yang hadir dan mengikuti kegiatan.

” Hari ini seluruh kepala desa di kecamatan lumbok seminung tidak ada yang hadir dalam kegiatan sosialisasi sensus penduduk Tahun 2020 tanpa alasan yang jelas. Padahal sudah kami undang Semuanya, dan ini yang hadir hanya perangkat kecamatan saja , ” Ungkap Henderi Wijaya , Sekcam Lumbok seminung

Ia juga berharap kedepannya Seluruh Kades yang ada dapat lebih tertib dan respon menghadiri kegiatan – kegiatan yang penting khususnya bagi pengetahuan masyarakat.

” Saya berharap kedepannya jika ada kegiatan yang penting seperti kegiatan ini, Seluruh kepala desa dapat hadir. Apalagi kegiatan kali ini diikuti langsung oleh Bupati dan wakil bupati Lampung barat, ” Pungkas Henderi

Lebih jauh lagi, tujuan dari kegiatan Sosialisasi SP 2020 yang makin gencar dilakukan BPS bekerja sama dengan berbagai dinas, instansi dan stake holder terkait adalah mengajak masyarakat untuk lebih respon atau tanggap terhadap data pribadi, data kependudukan dan data perumahan menuju terciptanya satu data kependudukan Indonesia, sesuai dengan Peraturan Presiden No 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. (Tejo)

Caps, foto kecamatan lumbok seminung saat melakukan VIDCON sosialisasi sensus penduduk bersama BPS. (Tejo/Red).

About The Author

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda...!