MoU dengan Perum Perindo, Gubernur Arinal Bidik Pengembangan Potensi Ikan Tuna dan Perikanan Darat Lampung

Apakabar INDONESIA Bandar Lampung

Bandar Lampung : Membidik pengembangan potensi ikan tuna dan perikanan darat, Pemprov Lampung menjalin kerjasama dengan Perum Perindo. Kerjasama langsung dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Pemerintah Provinsi Lampung yang langsung ditandatangani Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi dan Direktur Utama Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) Fatah Setiawan, di Woodstairs Cafe, Bandarlampung, Jum’at (18/9/2020) malam.

Menurut Gubernur Arinal, Provinsi Lampung memiliki panjang pantai 1.182 Km, dengan jumlah pulau kecil sebanyak 132 pulau. Hal ini menjadikan Provinsi Lampung memiliki potensi kelautan perikanan yang cukup besar, mulai dari perikanan budidaya, perikanan tangkap, pengolahan perikanan dan jasa kelautan lainnya.

Gubernur Arinal menjelaskan, pada tahun 1985, Persatuan Insinyur Indonesia (PII) melaksanakan seminar, dan mengundang salah satunya Rektor IPB. Pada kesempatan itu disampaikan bahwa Lampung sebenarnya memiliki potensi ikan tuna yang terbesar di Indonesua, bahkan Internasional.

“Untuk itu, saya meminta Perum Perindo bersama Dinas Perikanan dan Kelautan dan rektor/wakil rektor atau dekan melakukan kunjungan ke Fakultas Perikanan IPB, agar data yang disampaikan pada kita saat itu dapat kita pelajari. Karena ikan tuna sampai hari ini belum kita lakukan tata kelolanya dengan baik,” ujar Gubernur Arinal.

Selain ikan tuna, Gubernur Arinal juga menjelaskan bahwa perikanan darat Lampung begitu potensial. Untuk itu, dirinya meminta Perum Perindo untuk meningkatkan perikanan darat Lampung.

Disisi lain, lanjut Gubernur Arinal, dirinya ingin memetakan Provinsi Lampung, karena Lampung telah dinobatkan oleh Menteri Pertanian sebagai lokomotif pertanian Indonesia. “Provinsi Lampung mempunyai 13 Kabupaten, hampir semua potensinya masuk di wilayah pertanian dalam artian luas.

Saya ingin agar sesuai dengan harapan atau perintah Menteri Pertanian, maka tidak ada jalan lain bahwa semua Kabupaten harus menunjukkan potensi masing-masing yang bisa memberikan warna, bahwa Pertanian Indonesia ada di Lampung, dan Lokomotifnya ada di Lampung,” jelas Gubernur Arinal.

Dalam kesempatan yang sama, Dirut Perum Perindo Fatah Setiawan menyampaikan atas nama manajemen Perum Perindo mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Lampung khususnya Gubernur Arinal yang telah mempercayakan pengembangan Sektor Perikanan di Provinsi Lampung.

Adapun lini usaha utama Perum Perindo, jelas Fatah, di antaranya lini pelabuhan perikanan, lini budidaya ikan, dan lini bisnis perdagangan hasil ikan.

Guna memperkuat Perum Perindo dan Dinas Perikanan Kelautan Lampung dalam mendukung pembangunan sektor perikanan di Lampung, Fatah menjelaskan pihaknya turut menggandeng Universitas Lampung dan Polinela. “Semoga kerjasama ini semakin berkembang dan semakin maju lagi,” pungkasnya.

About The Author

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda...!