LSM CIFOR dan BPC Apresiasi PT Pelindo 1 Tingkatkan Ekonomi di Masyarakat 

Apakabar INDONESIA

Medan Belawan – newskabarindonesia.com: DPP LSM CIFOR dan Belawan Pers Club (BPC) mengapresiasi perusahaan badan usaha milik negara (BUMN) yaitu PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) dengan berkomitmen menyalurkan dana untuk Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) ditengah pandemi Covid-19. Kamis (29/10/2020).

Dari hasil pengamatan dan Informasi yang diperoleh Tim Investigasi dan Monitoring LSM CIFOR, bahwa Direksi PT Pelindo 1 telah bekerja dengan baik guna menyalurkan dana PKBL tersebut.

“Dana tersebut disalurkan guna meningkatkan perekonomian masyarakat di masa pandemi covid-19”. Dan Ini merupakan bagian untuk pemulihan ekonomi nasional dengan meningkatkan nilai ekonomi dan sosial di masyarakat.

Disampaikan Sekjen DPP LSM Cifor, Ismail Alex, MI Perangin-Angin pada awak media di medan.

Hingga kini, pada bulan Oktober tahun 2020, Pelindo 1 telah menyalurkan total dana PKBL sebesar Rp.12,3 miliar dengan rincian Rp. 5,8 miliar untuk program kemitraan dan Rp.6,5 miliar untuk bina lingkungan.

“Dana kemitraan tersebut disalurkan dalam bentuk pinjaman modal untuk pelaku usaha mikro di berbagai sektor industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, jasa dan usaha lainnya,” sebutnya Ismail Alex.

Adapun dana bina lingkungan tersebut disalurkan sebagai bantuan untuk korban bencana alam, pendidikan/pelatihan, peningkatan kesehatan, bantuan sarana dan prasarana umum, bantuan sarana di tempat ibadah, pelestarian alam, dan bantuan sosial lainnya di masyarakat guna pengentasan kemiskinan. Kata Alex.

Dalam penyaluran dana PKBL tersebut dilakukan di empat provinsi yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau melalui cabang-cabang PT Pelindo 1 di daerah.

“Dalam pelaksanaan Program Kemitraan, Pelindo 1 tidak hanya memberikan pinjaman dana untuk diberikan kepada para pelaku UMKM”,

Disini juga, PT Pelindo 1 memberikan pembinaan dan pelatihan guna meningkatkan kompetensi mitra binaan Pelindo 1 dalam menekuni bidangnya dan memperkenalkan hasil karya mitra binaannya dengan memperluas pangsa pasar melalui digital marketing terutama di masa pandemi covid 19.

Harapannya, semoga program ini dapat berguna dan membantu mengembangkan industri rumahan yang berdampak pada pertumbuhan perekonomian masyarakat di sekitar Pelindo 1,” terang SVP Corporate Secretary Pelindo 1, Imron Eryandy.

Agusman, salah satu mitra binaan Pelindo 1 di Tanjung Pinang mengatakan, bahwa dana pinjaman dari Pelindo 1 dapat dimanfaatkanya untuk meningkatkan dan mengembangkan usahanya. “Apalagi di tengah situasi pandemi, usaha saya juga terkena dampak”.

“Disini ia sangat bersyukur dan berterima kasih pada PT Pelindo 1 yang telah memberikan bantuan dana kemitraannya guna modal usaha saya untuk kedepan,” ujarnya Agusman.

Untuk program bina lingkungan unggulan di Pelindo 1 tahun 2019 – 2020 diantaranya, pengembangan kampung wisata ramah anak di Lingkungan XII Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Medan.

Dalam pengembangan tersebut, PT Pelindo 1 bersama Forum Komunikasi Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan (FK PUSPA) melaksanakan program kegiatan penghijauan melalui pertanian hidroponik.

Dengan menyediakan fasilitas rumah baca dan mengembangkan program usaha ternak lele dan batik daun ecoprint juga program layanan kesehatan termasuk penanggulangan Covid-19.

Selain itu, PT Pelindo 1 juga membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kampung Wisata Ramah Anak sebagai upaya pengembangan masyarakat untuk lebih peduli dalam membangun kampungnya.

Hal ini bertujuan untuk menjadikan kampung wisata dengan kemudian dapat mampu meningkatkan perekonomian di masyarakat.

Sebelumnya Pelindo 1 juga telah membentuk Pokdarwis di Wisata Pulau Penyengat, Kepulauan Riau dan Desa Wisata Tomok, sekaligus melakukan penataan dan pembenahan objek wisata di lokasi tersebut.

Sementara, di tahun 2020 Pelindo 1 juga berperan aktif dengan mendukung sektor pelestarian lingkungan khususnya di sekitar lingkungan Pelabuhan Belawan seperti mengembangkan sekolah alam hutan mangrove di Kelurahan Sicanang Kecamatan Medan Belawan.

Adanya bantuan seperti konservasi hutan dan bibit mangrove di Kampung Chaidir Kec. Medan Labuhan dan Kec. Marelan dan bantuan pembuatan jembatan penyeberangan untuk Masyarakat Nelayan Indah di Kec. Medan Labuhan.

Serta memberikan bantuan alat sebanyak 30 tenda usaha dan 30 stand kuliner untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di Belawan.

Selain itu, PT Pelindo 1 juga membantu dalam penanganan pandemi covid 19 di sektor kesehatan dengan menyalurkan bantuan untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Terutama untuk kebutuhan alat kesehatan yang diperlukan tenaga medis dan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak secara ekonomi.

Adapun ribuan bantuan seperti bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker N95/KN95, goggle, sarung tangan, hazmat suit, thermal gun, masker dibagikan kepada rumah sakit rujukan covid-19 dan puskesmas yang operasional kerja di wilayah PT Pelindo 1.

Kemudian, PT Pelindo 1 juga memberikan bantuan pemenuhan gizi untuk tenaga medis seperti penyemprotan disenfektan dan penyediaan hand sanitizer atau tempat cuci tangan di sejumlah titik fasilitas umum demi menjaga kebersihan.

Dan pemasangan flyer dan spanduk di berbagai tempat publik dan ribuan paket sembako yang disalurkan kepada masyarakat yang terkena dampak covid 19 di seluruh wilayah kerja PT Pelindo 1. katanya.

Ditambahkan, VP Public Relations Pelindo 1, Fiona Sari utami dengan komitmen dan inovasi untuk mengembangkan PKBL dan di tahun 2020 PT Pelindo 1 telah meraih tiga penghargaan untuk pelaksanaan program CSR. Ujarnya.

Antaralain, memerima penghargaan dalam TOP CSR Awards 2020 untuk kategori TOP CSR Awards 2020 “Bintang 4” dan TOP Leader on CSR Commitment 2020 kepada Direktur Utama Pelindo 1, Dani Rusli Utama.

Pada saat itu diselenggarakan di Sultan Hotel Jakarta pada Rabu 29 Juli 2020 serta penghargaan Silver Winner Sub Kategori Community Based Development pada apresiasi PR Indonesia Awards (PRIA) 2020 untuk penataan Pulau Penyengat pada tahun 2019. Tuturnya VP Public Relations Pelindo 1.

“Disamping itu, Ketua Belawan Pers Club (BPC) Irwan S Pane juga Mengapresiasi  PT Pelindo I yang terus melakukan Perhatiannya kepada Masyarakat yang berada di wilayah kerja PT Pelindo I  dalam Penyaluran Dana PKBL, apalagi pada situasi Pandemi Copid 19 ini.

Dengan adanya PT Pelindo I (Persero) telah Komitmen dan  memberikan inovasinya, sehingga Meraih Tiga Penghargaan dalam mengembangkan PKBL,” ucap Ketua BPC.

(Rikcy/red)

About The Author

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda...!