oleh

Ikhtiar Tiada Henti Membangun NTB Gemilang (Tiga Tahun Kepemimpinan Bang Zul)

Oleh : Arifudin

Tingginya harapan masyarakat NTB terhadap tiga tahun Kepemimpinan Dr. Zulkifliemansyah dan Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah sebagai gubernur dan wakil gubernur NTB merupakan sesuatu yang sangat wajar. Sebab Dr. Zulkifliemansyah yang biasa di kenal bang Zul adalah orang nomor satu putra kelahiran Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan segala kehebatan yang dimilikinya.

Bang Zul adalah yang mengenyam pendidikan di luar negeri dengan pengalaman politik yang cukup banyak. Karena sebelumnya menjadi Anggota DPR RI dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan pendiri Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) dan aktif di kepengurusan Nahdlatul Watha ini. Sedang Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah Wakil Gubernur NTB juga akademisi dan politisi perempuan di NTB dan pernah menjadi Ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur dan Rektor Universitas Hamzanwadi ini merupakan kakak dari Gubernur Nusa Tenggara Barat periode 2008—2018, Muhammad Zainul Majdi.

Dalam perjalanan Kepemimpinanya sebagai gubernur dan Wakil Gubernur NTB sudah berjalan tiga tahun Kepemimpinannya tidak sedikit prestasi yang dicatat. Termasuk angkat kemiskinan turun dengan angka yang menggembirakan di tengah Pandemi Covid-19.

Belum lagi program-program unggulan lain seperti Beasiswa, Posyandu, NTB hijau, NTB Zero Waste, Desa Wisata dan Social Security Net atau JPS Gemilang meretas jalan baru dengan berani mengambil resiko berupa penyaluran bantuan komoditas yang diproduksi oleh IKM/UMKM lokal. Suatu kebijakan revolusioner yang di lakukan oleh pemerintah provinsi NTB untuk menyelamatkan UMKM dari keterpurukkan dan memberikan ruang bagi UMKM lokal untuk gigi. JPS Gemilang tidak hanya memberi stimulus perekonomian kepada masyarakat di masa pandemi, akan tetapi menggairahkan UMKM serta mempercepat industrialisasi NTB yang merupakan visi besar bang Zul untuk mewujudkan NTB Gemilang berjalan dengan capaian yang cukup luar biasa.

Capaian yang dicatat NTB Gemilang pada tiga tahun Kepemimpinan Dr. Zul-Rohmi sebagai gubernur dan wakil gubernur, saya melihat karena semangat yang tinggi dalam lingkaran pemerintah provinsi NTB untuk mensukseskan program unggulan NTB Gemilang yang sudah dicanangkan sangatlah terjaga. Saya mencatat bahwa dalam upaya Dr. Zul-Rohmi untuk menurunkan angka kemiskinan adalah gairah yang relatif bagus untuk bekerja dan bergerak ‘memerangi’ kemiskinan di NTB.

Masyarakat sangat menggantungkan harapan dan masa depannya terhadap kepemimpinan bang Zul sebagai gubernur NTB untuk hidup sejahtera dan bahagia. Supaya masyarakat kembali memilih bang Zul-Rohmi sebagai Gubernur dan wakil gubernur NTB untuk periode kedua nantinya. Oleh karena itu, semua pihak, pemangku amanah di NTB untuk selalu menjaga semangat agar tidak “mogok”. Sehingga kedepannya bisa memberikan pengabdian terbaik untuk masyarakat.

Di bawah kepemimpinan bang Zul-Rohmi PT. Gerbang NTB Emas pada tiga tahun Kepemimpinannya mendapat anugrah Bintang 4 Bidang Aneka Usaha diajang TOP BUMD Awards 2021 dan TOP CEO penghargaan ini menjadi penambah motivasi bagi pemerintah Provinsi NTB supaya tiap tahun menjadi lebih baik dengan pencapaian yang terus meningkat. Penghargaan juga diberikan Kepada Gubernur NTB Bang Zul Zulkieflimansyah sebagai TOP Pembina BUMD 2021 karena PT.GNE dan Bank NTB Syariah Mendapatkan penghargaan Bintang 5 Bidang Perbankan.

Belum lagi sikap bang Zul untuk memutuskan kontrak PT. Gili Trawangan Indah (GTI) di bidang Investasi dibawah kendali Ir. Muhammad Rum (Kepala Dinas PM&PTSP NTB) mulai dari persoalan PT. ESL yang berada di Lombok Timur. Ini sebuah realisasi investasi melampaui target, baik nasional maupun RPJMD ditengah pandemi bukan sesuatu yang mudah tapi berhasil juga di capai dalam upaya mendukung kepemimpinan Zul-Rohmi.

Karena menurut Ir. Muhammad Rum untuk membangkitkan ekonomi maka perlu kedepankan investasi, tanpa investasi ekonomi tidak jalan, lapangan kerja sulit, pendapatan masyarakat menurun sehingga upaya penurunan angka kemiskinan menjadi lambat. Maka semua persoalan yang ada di masa kepemimpinan Zul-Rohmi akhirnya menemui solusi sebagai harapan dan masa depan bersama NTB Gemilang.

Oleh karena itu, sehebat apapun bang Zul-Rohmi sebagai gubernur dan wakil gubernur, ketikan bekerja sendiri makan tidak berjalan secara efektif program-program unggulan NTB Gemilang, tentu harus didukung oleh mesin birokrasi yang baik, supaya menjaga semangat birokrasi agar tidak mengalami “kelumpuhan”. Termasuk menjaga dan merawat semangat masyarakat NTB. Semoga bermanfaat

Facebook Comments

Komentar

News Feed