KRI Banjarmasin 592 Embarkasi Pasukan Pengamanan Perbatasan RI-PNG di Lantamal I Belawan

Kabar Daerah

BELAWAN – newskabarindonesia.com: Kapal Perang Republik Indonesia KRI Banjarmasin-592 Embarkasi Pasukan Batalyon Infantri 126/KC dalam rangka mendukung pengamanan perbatasan NKRI-Papua Nugini setelah tolak dari Lantamal I Belawan dermaga Pelindo I Bandar Deli Belawan, Medan, Sumatera Utara. Sabtu (30/10/2021).

Kapal perang yang berjenis Landing Platfrom Dock (LPD) merupakan karya anak bangsa di galangan  PT PAL  Surabaya pada tahun 2011 masuk memperkuat jajaran TNI AL.

Kemudian, Kapal ini dirancang sebagai kapal pendukung operasi amfibi, memiliki kemampuan mengangkut pasukan pendarat seperti kendaraan tempur serta kelengkapanya. Kapal ini juga mampu mengangkut 5 unit helikopter, 3 geladak heli, 2 di hanggar.

Sebagai kapal tempur dengan kapal yang berteknologi desain semi siluman tersebut berfungsi untuk operasi kemanusiaan dan penanggulangan bencana alam dengan Displasment Panjang: 125 m, Kecepatan:15 knot, Awak Kapal:500 orang dan Persenjataan Cannon 57 mm dan Cannon 40 mm.

Setelah tolak dari Belawan, KRI Banjarmasin membawa 450 pasukan tempur infantri yang berasal dari Batalyon Infantri 126/Kala Cakti ini merupakan sebagai pasukan dibawah kendali Korem 022/Pantai Timur Kodam I Bukit Barisan yang akan melaksanakan operasi pengamanan perbatasan RI-PNG.

Komandan Lantamal I, Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono beserta Staf, sehari sebelumnya meninjau langsung kesiapan KRI Banjarmasin didampingi  Letkol Laut (P) Bambang Purnomo SH, M.Tr.Opsla  NRP. 15398/P sebagai Komandan KRI Banjarmasin-592. Kemudian, pelayaran rencana akan ditempuh menuju Papua selama 8 hari. Tutur Kadispen Lantamal I.

Proses embarkasi pasukan Yonif 126/KC serta seluruh peralatan tempur sebelum on board diatas KRI-Banjarmasin-592 yang dilaksanakan dengan protokoler Kesehatan ketat guna memutus mata rantai penularan Covid-18. Sehingga selama dalam pelayaran Kesehatan seluruh personel KRI dan pasukan satgas menuju daerah tugas dapat terjaga dengan aman.

(Dispen Lantamal)

About The Author

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda...!