oleh

Bupati Lamsel Terima Audensi Civitas Akademika UTB

Lampung Selatan, Newskabaindonesia.com : Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menerima audiensi Civitas Akademika Universitas Tulang Bawang (UTB) dan Institut Teknologi Sumatera (Itera), di ruang kerja bupati setempat, Senin (15/11/2021).

Hadir dalam audiensi itu, Rektor UTB Agus Mardihartono didampingi Wakil Rektor 1 Suhaimi, Kepala Biro LPPM Samsuar, Sekretaris LPPM Yuli Wahyu Tri Mulyani, Kepala Biro Humas Thabita Carolina dan Publikasi Jurnal Riko Herdiansah.

Sedangkan dari pihak ITERA, hadir Kepala Unit Pelayanan Teknis Kawasan, Kesehatan, Keselamatan Kerja (UPT Kawasan dan K3) Juanda serta jajaran pengurus lainnya.

Sementara, pada kesempatan itu, Bupati Nanang Ermanto turut didampingi oleh Plh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Muhadi, Asisten Bidang Administrasi Umum Badruzzaman serta beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya.

Rektor UTB Lampung Agus Mardihartono mengatakan, bahwa maksud kedatangan timnya yaitu guna menindaklanjuti permohonan kerjasama pembangunan Taman Agro Farma Wisata di Kabupaten Lampung Selatan.

“Mengawali dari surat kami terdahulu, bahwasanya kami menyampaikan permohonan kepada pak bupati untuk melakukan kemiteraan dibidang pembangunan Agro Farm,” katanya.

Agus Mardihartono menjelaskan, pada Taman Agro Farma Wisata itu nantinya secara khusus akan ditanami berbagai jenis tanaman obat yang sebelumnya sudah diteliti terlebih dahulu manfaat dari kandungan di dalamnya.

“Pada prinsipnya ini tidak berbeda jauh dengan program-program pemerintah sebelumnya, yaitu adalah Tabulapot, yaitu untuk tanaman rempah-rempah dan obat-obatan itu,” ujarnya.

Menurutnya, selain bisa menjadi destinasi wisata, pembangunan Taman Agro Farma Wisata juga dapat menjadi lahan pemberdayaan dan edukasi kepada masyarakat mengenai tanaman obat-obatan.

“Artinya bagaimana potensi-potensi teman-teman kami dari penelitian dan pengabdian ini bisa dikembangkan di daerah. Disisi lain, kami bisa menggerakkan masyarakat, apakah itu dari sisi dalam UKM atau dapat juga menjadi destinasi pariwisata,” katanya.

Agus Mardihartono menambahkan, rencana pembangunan Taman Agro Farma Wisata itu sesuai dengan arahan dari Bupati Lampung Selatan agar perguruan tinggi dan pemerintah daerah dapat saling bersinergi dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat.

“Agar perguruan tinggi yang ada di Lampung secara umumnya dapat memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah dan masyarakat,” ucapnya.

Sementara, Kepala UPT Kawasan dan K3 ITERA, Juanda mengajukan permohonan kepada Bupati Lampung Selatan berkenaan tentang Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Jadi di tahun 2022 ini, kami (ITERA) mendapatkan bantuan SDSM dan sebagai syarat mendapatkan bantuan tersebut kami harus memiliki IMB,” kata Juanda.

Juanda menyebut, terdapat beberapa gedung yang akan dibangun pada tahun 2022. Diantaranya Gedung Laboratorium 4, Gedung Kuliah Umum 2, GOR Mini, dan Gedung G.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, menyambut baik maksud dari kedatangan Civitas Akademika UTB maupun pihak ITERA.

“Saya menyambut baik maksud dari kedatangan jajaran pengurus UTB dan ITERA di Pemkab Lampung Selatan,” kata Nanang Ermanto.

Nanang mengatakan, saat ini pihaknya memang tengah gencar menciptakan berbagai inovasi. Terutama dalam mengembangkan lahan tidur, agar memiliki manfaat yang besar bagi pemerintah daerah dan masyarakat.

“Memang kita lagi gencar-gencarnya bagaimana menciptakan inovasi agar lahan tidur ini bisa berfungsi. Kita ada beberapa sampel dan kita juga akan membangun agro wisata,” ujarnya.

Sementara itu, terkait dengan permohonan yang diajukan oleh ITERA, Pemkab Lampung Selatan akan memberikan izin mendirikan bangunan secara gratis.

“Inilah bentuk kepedulian dan sumbangsih pemerintah daerah dalam dunia pendidikan untuk mendapatkan generasi sumber daya manusia yang unggul melalui ITERA,” kata Nanang.

Nanang berharap dengan adanya ITERA di Bumi Khagom Mufakat dapat membawa nama baik Kabupaten Lampung Selatan di kancah nasional dan internasional.

“Kampus ITERA dan Pemerintah Daerah Lampung Selatan harus benar-benar bersinergi untuk mendapatkan generasi kedepannya jauh lebih baik” tandasnya. (Imron/kmf/Red)

Facebook Comments

Komentar