oleh

Pemkab Lamsel Kucurkan Dana 27 Milyard Lebih Untuk Kecamatan Merbau Mataram

Lampung Selatan,Newskabarindonesia.com : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan kucurkan anggaran pembangunan Tahun 2022 sebesar Rp.27.002.038.310 untuk Kecamatan Merbau Mataram.

Anggaran itu terdiri dari anggaran operasional Kecamatan Merbau Mataram sebesar Rp.2.633.573.100 dengan total Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp.24.368.465.210.

Hal itu terungkap dalam kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) kecamatan Merbau Mataram, yang digelar di lapangan desa Merbau Mataram, pada Jum’at (4/2/2022).

Hadir dalam kegiatan Musrenbang Kecamatan Merbau Mataram, Anggota DPRD Lampung Selatan, Pejabat utama dan Kepala OPD dilingkup Pemkab Lampung Selatan, Ketua TP PKK Lampung Selatan Hj. Winarni serta Ketua Dharma Wanita Persatuan Yani.

Dalam kesempatan itu, Camat Merbau Mataram Heri Purnomo memaparkan mengenai potensi-potensi wisata yang terdapat di wilayahnya. Mulai dari wisata alam hingga wisata kuliner, yang terus dipromosikan dan ditingkatkan agar dapat menarik wisatawan luar daerah.

Dirinya mengungkapkan, sektor pariwisata merupakan salah satu penopang perekonomian masyarakat yang terdapat di Kecamatan Merbau Mataram.

“Kemudian tempat kuliner untuk menampung UMKM produk lokal, pengenalan seni dan budaya untuk menarik wisatawan dari luar daerah. Alhamdulillah untuk sementara WBK, mulai dari Kadis Pariwisata dulu juga udah pernah hadir,” ungkapnya.

Kemudian, dirinya juga meminta kepada Jajaran Pemerintahan Kabupaten agar melakukan rehabilitasi Kantor Kecamatan Merbau Mataram pada tahun anggaran 2023 mendatang. Mengingat, kondisinya yang sudah kurang layak untuk digunakan.

“Kalau dilihat dengan Kantor Kecamatan yang lain mungkin yang tertua, kadang-kadang catnya suka ngelotok, saya lihat lagi ternyata sudah temboknya yang ngelotok, pelaponnya yang jatuh. Kalau sampai saat ini masih berdiri mungkin karena doa dari semuanya,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa menuturkan, agar potensi-potensi wisata unggulan yang terdapat di Kecamatan Merbau Mataram dapat di jadikan sebagai salah satu program prioritas. Dengan demikian, diharapkan mampu membantu dalam peningkatan ekonomi daerah.

“Kalau bisa diprioritaskan program-program yang telah dipaparkan oleh pak Camat tadi. Semoga Covid-19 ini segera selesai, cepat berlalu dan pembangunan juga cepat terserap. Untuk Kantor Camatnya insyaallah dibantu sama pak bupati nanti, minta do’anya ya,” ujar Pandu.

Pandu Kesuma juga menuturkan, DD dan ADD yang diberikan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah kepada setiap desa, ditujukan untuk mewujudkan pembangunan desa agar lebih maju.

Oleh karena itu, dirinya meminta agar dalam penyusunan perencanaan pembangunan desa dapat diselaraskan dengan program-program prioritas dari Kabupaten Lampung Selatan.

“Untuk menyusun perencanaan pembangunan yang baik, tentunya dibutuhkan sinkronisasi yang baik antara rencana Pemerintah Pusat dengan rencana Pemerintah Daerah, ini untuk menjaga sinkronisasi dengan Pemerintah Pusat,” katanya. (Imron/kmf/Red).

Facebook Comments

Komentar