oleh

Anggota DPRD Lampung Fraksi NasDem Sosialisasi Perda Pengembangan Sumber Daya Pariwisata

Anggota DPRD Provinsi Lampung Fraksi NasDem, Garinca Reza Pahlevi menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata Berbasis Ekonomi Kreatif, di Balai Desa Sukadana Selatan Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur. (18/02/2022)

Dipaparkan Reza, pariwisata di Indonesia merupakan salah satu sektor ekonomi penting, disamping sebagai mesin penggerak ekonomi, pariwisata adalah wahana yang menarik untuk mengurangi angka pengangguran, karena pengembangan pariwisata secara menyeluruh akan dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang cukup besar di daerah destinasi wisata.

Pariwisata sebagai sebuah industri yang sangat bergantung pada keberadaan manusia. Keberadaan sumber daya manusia (SDM) berperan penting dalam pengembangan pariwisata.

Peran SDM sebagai pekerja dapat berupa SDM di lembaga pemerintah, SDM yang bertindak sebagai pengusaha (wirausaha) yang berperan dalam menentukan kepuasan dan kualitas para pekerja, para pakar dan profesional yang turut berperan dalam mengamati, mengendalikan dan meningkatkan kualitas kepariwisataan.

“Yang tidak kalah pentingnya masyarakat di sekitar kawasan wisata yang bukan termasuk ke dalam kategori di atas, namun turut menentukan kenyamanan, kepuasan para wisatawan yang berkunjung ke kawasan tersebut,” papar Reza.

Menurut Anggota DPRD Lampung Dapil VIII ini, Kabupaten Lampung Timur memiliki banyak objek wisata. Hal ini menunjukkan pengembangan wisata yang akan menjadi sektor yang sangat menjanjikan. Promosi wisata Kabupaten Lampung Timur juga terlihat semakin gencar dilakukan dan hal ini tentu saja akan berdampak pada peningkatan jumlah wisatawan.

“Untuk mendukung proses tersebut diperlukan sarana dan prasarana yang mendukung. Akan tetapi juga perlu dipastikan adalah tersedianya sumber daya manusia yang mampu menerjemahkan program-program wisata,” terangnya.

Oleh karenanya, Lanjut Reza, dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia agar memiliki kualitas dan standar kompetensi yang tinggi.

“Kami berharap kepada para peserta sosialisasi untuk memanfaatkan kegiatan ini dengan sebagai peningkatan sumber daya manusia yang profesional dan kreatif,” ungkap Reza.

Dalam sosialisasi ini menghadirkan para narasumber, dari Akademisi Oki Hajiansyah Wahab dan Kadis UMKM Kabupaten Lampung Timur, Kades beserta seluruh jajaran Pemerintah Desa, Para Tokoh, Pelaku UMKM dan Masyarakat.

Facebook Comments

Komentar