Buka Musrenbang Bandar Lampung, Wagub Chusnunia Beri Catatan Penting RKPD 2023

Bandar Lampung

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim membuka Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 Kota Bandar Lampung di Aula Semergou, Kantor Pemkot Bandar Lampung, Kamis (10/3/2022).

Pada kesempatan itu, Wagub memberikan sejumlah catatan untuk RKPD tahun 2023 dan memberi apresiasi terhadap peningkatan hasil kerja di tahun sebelumnya.Capaian hasil kerja yang diapresiasi adalah dalam hal pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang ditunjukan dengan angka IPM pada tahun 2021 sebesar 77,58 atau mengalami pertumbuhan sebesar 0,14 dari tahun 2020.

“Terhadap capaian tersebut, Pemerintah Provinsi Lampung memberikan apresiasi yang tinggi dan berharap upaya-upaya Pemerintah Kota Bandar Lampung dapat menjadi refrensi bagi pemkab/pemkot yang lain,” ujar Wagub NunikWagub juga mengatakan merujuk pada capaian tersebut merupakan kesempatan baik untuk dijadikan pondasi dalam langkah-langkah menyusun RKPD tahun 2023.Sedangkan sejumlah masukan yang disampaikan Wagub antara lain beberapa permasalahan dan isu strategis di Provinsi Lampung yaitu pertama dalam bidang infrastruktur, pengembangan wilayah dan lingkungan hidup seperti pengembangan dan penyelesaian backlog perumahan, rehabilitasi irigasi pengembangan SPAM Regional Lampung dan pembangunan serta peningkatan jalan Provinsi di Kabupaten dan Kota.

Selanjutnya, pemulihan sektor-sektor ekonomi strategis meliputi ketahanan pangan, pengembangan pariwisata dan UMKM serta transformasi digital.“Ekonomi kreatif di Bandar Lampung perlu didorong lebih maksimal lagi karena tentunya bisa menjadi penyanggah dari Kabupaten lain seperti Pesawaran atau Lampung Selatan,” lanjutnya.

Terkait UMKM, Wagub Nunik mengingatkan pemerintah daerah harus bisa menyambungkan UMKM yang ada di daerahnya kepada market place yang ada saat ini.

“Kita tidak perlu bikin, kita cukup menyambungkan mereka dengan market place yang ada karena ruang temu penjual dan beli sudah terbentuk besar,” jelasnya.

Wagub mengingatkan kepada Pemerintah Kota Bandar Lampung untuk selalu kompak dalam membangun Provinsi Lampung.“Situasi sesulit apapun yang kita hadapi, kalau kita menjalani tugas dengan kekompakan, insha Allah semua dapat kita lewati dengan baik,” tegas Wagub Nunik.

Wagub Numik juga mengajak Pemkot Bandar Lampung untuk membangun sinergitas agar terwujudnya Lampung Berjaya.

“Lampung berjaya tidak akan bisa terwujud tanpa adanya dukungan dari 15 Kabupaten dan Kota tentu salah satunya adalah Kota Bandar Lampung, maka sinergi adalah kata kunci karena kita satu tubuh,” katanya.

Musrenbang RKPD Kota Bandar Lampung ini mengambil tema “Percepatan Pemulihan Ekonomi, Sosial dan Budaya Daerah Melalui Pembangunan Berkelanjutan.”

About The Author

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda...!