oleh

Fasilitas dan Bangunan di TPI Gabion Belawan Tak Berkualitas

BELAWAN – newskabarindonesia.comSaranan dan Prasarana Tempat Pelelangan ikan di (TPI) Gabion Belawan tak berkualitas alias kumuh yang berpengaruh terhadap lingkungan, kesehatan, mutu dan harga ikan, Senin (28/3/2022).

Tampak jelas bangunan TPI Gabion belawan dengan kondisi fisik tidak terawat berada didalam pelabuhan perikanan samudera PPS Belawan.

Pantauan media, TPI di Jalan Gabion Belawan tersebut terlihat kondisi lingkungan tak terawat lagi bahkan banyak sampah berserakan sehingga tampak kumuh.

Saat ini, TPI Gabion belawan yang tak jauh dari dermaga Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan merupakan tempat pelelangan ikan yang memberikan pemasukan pendapatan bagi masyarakat.

Walaupun TPI Gabion Belawan dikatakan kurang layak dari segi fasilitas dan sarana prasarana serta kurang meningkatkan alat yang berkualitas dan sekaligus penanganan sampah juga Tempat Pengelolaan Limbah (TPL) yang baik.

Dikatakan Ali (48) warga belawan, Peran dan perhatian pemerintah setempat untuk membangun TPI tersebut semestinya ditingkatkan.

Fasilitas di dalam pelabuhan perikanan belawan menjadi sorotan utama adalah Tempat Pelelangan Ikan (TPI), bahwa TPI digunakan sebagai pusat pemasaran hasil tangkapan melalui pelelangan yang seharusnya dengan kondisi bersih agar mutu ikan tetap terjaga.

Adapun pihak pelabuhan perikanan mampu merenovasi TPI Gabion Belawan agar aktivitas seperti pengangkutan ikan dari dermaga ke TPI; penanganan ikan di TPI; pengangkutan ikan dari TPI ke perusahaan, pengolah dan pedagang ikan; pencucian keranjang; dan pembersihan lantai.

Ia pun berharap kepada pemerintah untuk memperhatikan TPI Gabion Belawan guna perbaikan sarana dan prasarana. Dilihat dari kondisi bangunannya dan fasilitas di TPI Gabion Belawan tampak kurang luas dan fasilitas yang kurang memadai. Padahal eksistensi tempat pelelangan ikan di Gabion Belawan sangat di kenal oleh masyarakat.

Sangat disayangkan, bila tidak didukung dengan pelayanan yang baik dan benar, maka TPI sangat tidak berguna karna tidak berjalan sesuai dengan fungsi Tempat Pelelangan Ikan. Katanya Ali

Terkait hal tersebut, dikonfirmasi Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan (Henry M Batubara) melalui whatsapp enggan memberikan tanggapannya.

(Rikcy) 

Facebook Comments

Komentar