oleh

Tradisi Unik Warga Pantura Rayakan Idul Fitri

Pemalang – newskabarindonesia.com : Masyarakat pesisir laut utara jawa , yang bermukim di daerah Batang – Jawa tengah , mempunyai tradisi unik dalam merayakan hari raya idul fitri atau masyarakat setempat menamakan Ba’da .

Yang mana setelah Lebaran +1 sampai, 6 hari Lebaran di sebut Ba;da Sawalan , di adakan silaturahmi antar warga dengan mengadakan Lomba perahu layar , perlombaan yang di adakan di aliran Sungai Sambong , di bawah Jembatan Sademan , Klidang lor kabupaten Batang ini ,semula di ikuti oleh penduduk sekitar Batang saja, dengan rutinitas perlombaan yang di adakan , sehari setelah Lebaran , dimana perlombaan tersebut sudah berjalan selama 43 tahun , kini kalender tahunan kegiatan ini, juga banyak di ikuti peserta lomba dayung , dari kota kendal , Pekalongan serta dari luar Eks Karesidenan Pekalongan.

Dengan adanya kegiatan masyarakat pesisir ,berupa perlombaan dayung tradisional Pemda Kabupaten Batang memberi dukungan , dan perlombaan dayung Lebaran syawalan , semakin memantik Wisatawan untuk menonton lomba tersebut.

Perlombaan yang di ikuti ratusan peserta dengan di bagi menjadi beberapa kelompok ini, di samping di ramaikan dengan warna warni , seragam peserta , juga teriakan para peserta sebagai Penyemangat lomba , tetabuan dari para sporter dan Penonton , menambah meriah nya festival lomba perahu , yang terbuat dari kayu ini.

Tak pelak hasil dari perlombaan yang menerapakan sistem gugur dan akan mengambil 3 regu terbaik , untuk maju dalam babak final.
Melahirkan atlet dayung tradisional , di kancah Regional dan Atlet Nasional .( Pemalang kamis , 05 / 05 /2022 )

Di kutip dari beberapa sumber. (Ragil/Red).

Facebook Comments

Komentar