oleh

Sukses Gelar UKW, 17 Wartawan di Tuba Barat Berstatus Wartawan Kompeten

Tulang Bawang Barat-Newskabarindonesia.com : Uji Kopetensi Wartawan (UKW) yang di gelar Komite Wartawan Republik Indonesia (KWRI) bekerjasama dengan PT Aksara Solopos di Aula Wisma Asri Tirta Makmur Kabupaten Tulangbawang Barat selama dua hari berjalan sukses dan berhasil mencetak wartawan berkopeten. Selasa (05/07/2022).

Dalam UKW tersebut pantia tes memberikan 11 materi mulai dari lisan dan tulisan. Untuk bisa menyandang status wartawan berkoppeten, masing-masing peserta UKW harus mempraktekkan keseharian dalam bekerja seperti menulis berita, wawancara dan berkomunikasi dengan narasumber yang hasilnya di tuangkan menjadi berita.

Budiman salah satu wartawan yang juga peserta UKW mengaku senang dan bangga bisa mengikuti UKW sekaligus lulus dan berhak menyandang status “Wartawan Berkopenten”.

Budiman menambahkan, UKW meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan, acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan pers, menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik, menjaga harkat martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual.

“Alhamdulilah saya bisa ikut dan lulus dalam UKW yang di gelar KWRI Tuba Barat dan PT. Aksara Solopos, insya allah saya akan menjaga marwah sebagai wartawan dan membawa media tempat saya bekerja menjadi lebih baik”. Tegas Budiman

Sementara itu Ketua KWRI Tulangbawang Barat Mirhan yang di temui di sela-sela penutupan UKW mengatakan, kegiatan ini di gelar untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan di kabupaten berjuluk “Ragem Sai Mangi Wawai” karena ia melihat perkembangan media cyber yang kian tingginya dan minat masyarakat menjadi wartawan tidak di imbangi dengan pendidikan tentang kode etik jurnalistik serta aturan hukum yang ada di Indonesia.

Dari data yang berhasil di himpun, 17 wartawan yang mengikuti UKW dinyatakan lulus dan berhak menyandan status wartawan berkopeten. (MeBu/Red).

Facebook Comments

Komentar