oleh

Pengurus LPK dan Badan Kelengkapan Kwarcab Gerakan Pramuka Lamsel di Lantik

Laampung Selatan,newskabarindonesia.com : Pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), Kwartir Cabang (Kwarcab), Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) dan Badan Kelengkapan Kwarcab Gerakan Pramuka Lampung Selatan masa bakti 2022-2027 resmi dilantik, Selasa (2/8/2022).

Acara yang berlangsung di Aula Sebuku, Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan ini diawali dengan Pelantikan Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Lampung Selatan H. Nanang Ermanto beserta pengurus oleh Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Lampung Chusnunia Chalim.

Kemudian, Pelantikan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto beserta jajaran pengurus oleh Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Lampung Selatan Nanang Ermanto.

Selanjutnya, pengurus LPK dan Badan Kelengkapan Kwarcab Gerakan Pramuka Lampung Selatan masa bakti 2022-2027 dilantik oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto.

Adapun, pelantikan kepengurusan Gerakan Pramuka Lampung Selatan ditandai dengan pembacaan janji trisatya dan penyematan tanda jabatan serta penandatanganan naskah ikrar dan naskah pelantikan.

Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Lampung Selatan Nanang Ermanto mengatakan, pramuka merupakan organisasi yang mampu membentuk karakter pada anak. Hal ini dikarenakan, dalam kepramukaan dilatih kepemimpinan, kerja sama, solidaritas, mandiri, dan keberanian.

Oleh karena itu, melalui organisasi kepramukaan ini diharapkan bisa menjadi wahana pencetak generasi bangsa Indonesia yang unggul, berdaya saing dan memiliki karakter yang kuat.

“Yang harus kita hadapi adalah generasi yang akan datang, persiapan, fundamen dasar yang harus kita siapkan, tanggungjawabnya ada di kita semua, di kakak-kakak ini. Di era digital ini tantangannya sangat luar biasa. Alhamdulillah kepramukaan ini adalah organisasi yang membentuk karakter yang luar biasa,” kata Nanang.

Nanang mengungkapkan, Kabupaten Lampung Selatan memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) serta seni dan budaya yang sangat luar biasa. Agar hal tersebut dapat dikelola dengan baik, perlu ditunjang dengan adanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjadi faktor utama dalam sebuah pembangunan.

“Potensi alam yang sangat luar biasa, bila tidak ditunjang dengan potensi SDM, akan mengalami dilema yang sangat mengkhawatirkan. Kita bangun kebersamaan dan gotong royong untuk pembinaan pramuka yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Harian Kwarda Gerakan Pramuka Lampung Zainuri mengungkapkan, Pramuka memiliki tanggungjawab sekaligus tantangan yang besar dalam membantu menjaga, meningkatkan dan membentuk generasi muda yang unggul.

Terlebih lagi, organisasi pramuka menjadi garda terdepan dalam peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP), yang disiapkan guna menyongsong terwujudnya Indonesia emas pada tahun 2045 mendatang.

“Di Bappenas itu sudah masuk, di tahun emas 2045 pramuka adalah garda terdepan dalam peningkatan IPP. Pramuka harus bisa meningkatkan IPP, khususnya Lampung bisa bertengger di 10 besar nasional. Ini tantangan kita,” ungkapnya. (Imron/kmf/Red)

Facebook Comments

Komentar