oleh

DPPPA Dan KB Kabupaten Pesisir Barat Gelar Pembinaan Dan Bimtek KHA

Pesisir Barat : Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPA dan KB) Kabupaten Pesisir Barat menggelar acara Pembinaan Satuan Pendidikan Ramah Anak (SRA) dan Bimtek Konvensi Hak Anak (KHA) di Aula SMP Negeri 2 Krui, Kecamatan Pesisir Tengah.

” Kegiatan Pembinaan dan Bimtek tersebut berlangsung selama dua hari, mulai hari, Rabu (03/08) sampai hari ini, Kamis (04/08) dan dihadiri oleh satuan tenaga pendidik SMP Negeri 2 Krui, ” jelas Kepala DPPPA dan KB, dr. Budi Wiyono.

Menurut dr. Budi Wiyono, ” Kegiatan ini dilakukan selama dua hari, bimtek ini juga dimaksudkan agar para tenaga pendidik bisa menambah pemahaman dalam penanganan masalah yang dihadapi oleh anak, ” jelas dr. Budi Wiyono.

” Ada tiga pilar dalam memahami SRA ini, yaitu, Guru, Orangtua dan Anak, ” jelasnya. ” Proses belajar Ramah Anak juga harus menerapkan disiplin yang positif, ketegasan tanpa kekerasan dan tanpa merendahkan hak anak itu sendiri, ” jelasnya.

” Selain itu, proses ramah anak juga harus dijalin komunikasi dua arah bahkan multi arah, ” tambahnya.

” Penggunaan bahasa yang positif dalam berkomunikasi dengan anak, sifat saling menghargai dalam perbedaan, dan yang terpenting adalah usahakan fokus pada perilaku positif anak tersebut, lalu dengan memberikan motivasi untuk giat belajar pada anak tersebut, ” jelasnya.

” Hal lainnya yang harus dilakukan oleh para tenaga pendidik adalah, bisa membangun keakraban antara, anak, guru dan sahabat anak, ” tambahnya.

” Hal lainnya yang harus dipahami oleh para tenaga pendidik, terkait dengan pembangunan karakter positif pada anak, yaitu dengan menumbuhkan rasa empati, non diskriminasi, anti radikalisme, cinta negara, bahasa, budaya dan perbedaan budaya, menghargai HAM, sosial, cinta kebersihan dan anti bullying, ” tutupnya.

Facebook Comments

Komentar