Lampung Selatan,newskabarindonesi.com : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan mengadakan kegiatan edukasi dan kampanye anti korupsi untuk anak Sekolah Dasar (SD) di Aula Rimau Kantor Bappeda setempat, Selasa (27/9/2022).

Kegiatan itu merupakan rangkaian dari Roadshow Bus KPK “Jelajah Negeri, Bangun Antikorupsi di Kabupaten Lampung Selatan 27-28 September 2022. Kegiatan ini digelar sebagai bentuk edukasi dan pencegahan perilaku korupsi sejak dini.

Pelaksanaan program penjelajahan Negeri bangun anti korupsi KPK tahun 2022 ini, diinisiasi oleh tim KPK dan merupakan salah satu upaya pencegahan korupsi untuk mengajak keterlibatan publik secara bersama-sama dalam menyebarkan program pencegahan korupsi.

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Emanto mengatakan, bahwa KPK ingin menyampaikan pesan anti korupsi yang mudah diterima oleh masyarakat terlebih pelajar tingkat sekolah dasar.

Dalam kegiatan itu, sekitar 200 anak-anak SD diajak mendengarkan dongeng, menonton film, bermain dan bernyanyi. “Pentingnya mengenalkan kepada siswa tentang wawasan anti korupsi dengan strategi yang tepat sejak dini, menyesuaikan dengan usia mereka,” ungkapnya

“Meskipun anak-anak belum paham sama sekali dengan informasi yang mereka terima saat itu. Namun seiring pertambahan usia dan perkembangan kemampuan berpikir mereka akan mengerti,” tambahnya.

Nanang menegaskan, pendidikan anti korupsi menjadi sangat penting mulai dari lembaga terkecil, rumah tangga atau keluarga, satuan pendidikan dan lingkungan masyarakat.

Sementara, Kepala Sekretariat Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK RI, Guntur Kusmeiyano mengatakan, edukasi anti korupsi dikenalkan kepada peserta didik sedini mungkin untuk membentuk karakter integritas yang kokoh.&/ ^/^¥&

*^
Lebih lanjut, ia mengungkapkan terdapat sembilan nilai dalam membentuk integritas individu, yaitu jujur, mandiri, tanggung jawab, berani, sederhana, peduli, disiplin, adil dan kerja keras yang harus selalu ditanamkan dan diterapkan oleh masyarakat termasuk para pelajar.

“Saya titip kepada para kepala sekolah, para guru di tiap satuan pendidikan agar menanamkan dan mengimplementasikan integritas peserta didik yang jujur, mandiri, tanggung jawab, berani, sederhana, peduli, disiplin, adil dan kerja keras,” pintanya. (Imron/kmf/Red)

Comment

%d blogger menyukai ini: