Otoritas Pelabuhan Utama Belawan Gelar Kampanye Simpatik Penerapan STID dan Bagikan Paket Sembako

Medan

BELAWANnewskabarindonesia.com: Otoritas Pelabuhan Utama Belawan kampanye simpatik penerapan STID di areal Pelabuhan Belawan sekaligus bagikan paket sembako kepada supir angkutan dalam menyambut Ramadhan 1444 H di Terminal Peti kemas Belawan, Rabu (22/3/2023).

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan Wisnu Handoko menyampaikan bahwa Penerapan STID di Pelabuhan Belawan sudah di mulai tanggal 6 Juli 2022.

Dalam MoU akan dibahas langkah-langkah yang akan diambil terkait penerapan STID yang akan mandatory pada bulan Mei 2023 termasuk dalam hal pemeriksaan dan penertiban kelaikan jalan kendaraan serta penempatan Mobil Uji KIR Keliling di Pelabuhan Belawan.

“Setiap kendaraan truk pengangkut petikemas (trailer) dihimbau untuk mendaftar STID melalui STID Center yang dikelola oleh PT. Pelindo (Persero) Regional 1 Cabang Belawan,” terang Wisnu Handoko.

Selain itu, upaya menerapkan pendaftaran STID bagi kendaraan truk bukan hal mudah. Karena harus memberikan pemahaman kepada perusahaan truk dan sopir.

Kegiatan Kampanye Simpatik Penerapan Single Truck Identification Data (STID) di Pelabuhan Belawan ditandai “Pemberian Paket Sembako Menyambut Ramadhan1444 H kepada sopir truk Angkutan Pelabuhan”.

Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan telah melakukan berbagai langkah salah satu strategi sosialsiasi penerapan STID adalah melakukan kampanye simpatik melalui pendekatan dan memberikan perhatian kepada sopir dan kenek kendaraan truk.

Mulai tanggal 1 Januari 2023 penerapan STID di nyatakan wajib atau mandatory bagi semua truk yang beroperasi di Pelabuhan Belawan sebanyak 45 PMKU Perusahaan Trucking yang disetujui, ditambah 43 perusahaan yang telah disetujui STID. Maka dari itu, Truk yang disetujui STID sebanyak 2.676 ditambah 364 truk STID S yang di setujui, terangnya Wisnu Handoko

Pada kesempatan ini akan dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemerintah Kota Medan Cq. Dinas Perhubungan Kota Medan dengan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan yang bertujuan dalam rangka mempermudah dan meningkatkan kepatuhan perusahaan truk dalam memenuhi persyaratan kelaikan jalan kendaraan terkait penerapan STID.

Lebih lanjut, Kampanye Simpatik ini merupakan kegiatan kolaborasi dan kerjasama antara Dinas Perhubungan Kota Medan, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, Perwakilan PT. Pelindo Group dan Asosiasi DPC Organda Angsuspel untuk menunjukkan kepedulian dan keseriusan pemerintah dalam menerapkan STID secara kolaboratif melalui pendekatan yang lebih humanis.

Tidak hanya itu, kegiatan tersebut memberikan penghargaan bagi perusahaan yang telah mendaftarkan kendaraan truk yang dioperasikan melalui reward/apresiasi yang diberikan kepada para sopir yang bekerja membawa truk mereka.

Menjawab permasalahan logistic, Pemenintah telah mengeluarkan kebijakan teknis berupa National Logistic System (NLE) yang tertuang dalam Instruksi Presiden No.5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan perbaikan ekosistem logistik nasional Indonesia dengan menerapkan skenario perbaikan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan mengintegrasikan layanan pemerintah dan mengelaborasi platform.

Platform bisnis logistik di sertai perbaikan prosedur dan standar layanan. Penerapan NLE diarahkan untuk dapat menciptakan proses bisnis logistik yang transparan, cepat dan berbiaya rendah melalui perizinan yang sederhana dengan proses cepat dan memudahkan.

Untuk percepatan penerapan STID di Pelabuhan Belawan, telah dikeluarkan Surat Edaran Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan Nomor SE-OP.BLW 2 Tahun 2023 tentang Dispensasi Pelaksanaan Penerapan Data Identifikasi Truk Tunggal/STID di Pelabuhan Belawan

Melalui rencana aksi penataan ekosistem logistik nasional, Pelabuhan Belawan mulai mengembangkan Data Identifikasi Truk Tunggal (Single Tnuck Indentification Data/STID) yang merupakan sistem elektronik pendataan setiap truk yang beroperasi di Pelabuhan Belawan. Terangnya kembali Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Belawan

Lebih lanjut Wisnu Handoko, untuk menunjang produktivitas operasional Pelabuhan diperlukan adanya penataan dan pengawasan terhadap angkutan truk sehingga di harapkan bisa lebih menekan tingkat kemacetan lalulintas angkutan barang.

Adanya penerapan STID ini, diharapkan semua stakeholder, BUP, terminal operator maupun pengusaha truk dapat meningkatkan pelayanan yang pada akhirnya akan berkontribusi terhadap pelayanan kepelabuhanan yang handal serta mampu menekan biaya logistik nasional.

Dalam penerapan STID menyediakan database yang terkonsolidasi untuk semua TID yang diterbitkan di lingkungan Pelabuhan Belawan, memberikan kemudahan dalam melakukan identifikasi semua entitas yang berinteraksi di area Pelabuhan Belawan.

Guna meningkatkan keselamatan, keamanan melalui pengendalian kelaikan jalan angkutan truk serta penyeragaman sistem sehingga armada truk apapun yang akan masuk ke dalam Pelabuhan hanya perlu menggunakan satu kartu saja.

Dalam kampanye ini, semoga dapat manfaat bagi seluruh pihak-pihak yang menerima paket sembako. Diakhir kata, semoga kedepannya kerja sama yang baik diantara kita akan dapat terus terlaksana.

Dengan maksud untuk memberikan petunjuk yang jelas bagi para pihak yang terlibat langsung dalam STID terutama menyangkut hal-hal yang harus dilaksanakan agar usaha penerapan STID di Pelabuhan Belawan terus berproses secara bertahap tanpa mengganggu kelancaran arus barang.

Melakukan pembinaan kepada perusahaan truk dan asosiasi secara bertahap, terkendali dan terukur tanpa mengganggu kelancaran arus barang sampai dengan seluruh truk yang beroperasi memenuhi ketentuan peraturan khususnya tentang kelaikan kendaraan serta memberikan petunjuk tata cara pemberian dispensasi bagi perusahaan truk untuk melengkapi persyaratan pendaftaran STID.

Sehingga dalam waktu singkat seluruh kendaraan truk yang beroperasi di Pelabuhan Belawan termonitor pergerakan dan kondisi kelaikannya melalui database STID Center.

Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Belawan Wisnu Handoko juga memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada seluruh pihak-pihak yang telah bersinergi dalam kegiatan Kampanye Simpatik sehingga acara berjalan lancar. Tutupnya

(Rikcy)

About The Author

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda...!