Gubernur Arinal Silaturahmi dengan Jajaran Forkopimda dan Masyarakat Tanggamus

Bandar Lampung

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersilaturahmi dengan masyarakat dan jajaran Forkopimda, pejabat struktural/ fungsional, kepala pekon, dan tokoh masyarakat di Kabupaten Tanggamus, di Aula Gedung Pertamina Geothermal Energy (PGE), Tanggamus, Rabu (13/09/2023).

Pada kesempatan itu, selain mengajak seluruh masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Tanggamus bersinergi menyusun perencanaan pembangunan, Gubernur Arinal juga mengajak bersinergi mengantisipasi dampak el Nino.

Gubernur Arinal mengatakan bahwa Kabupaten Tanggamus mempunyai potensi yang besar dari sektor tanaman pangan dan hortikultura, perikanan, peternakan dan pariwisata.

Menurutnya, segenap potensi yang terdapat di Kabupaten Tanggamus agar berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi melalui adanya program hilirisasi untuk meningkatkan nilai tambah kesejahteraan petani.

Gubernur menyinggung cuaca buruk yang diakibatkan oleh dampak el-nino yang mendorong Pemerintah bekerja ekstra untuk memberikan segenap upaya guna membantu keberlangsungan kehidupan masyarakat, khususnya petani.

Gubernur Arinal menjelaskan, bahwa dalam rangka mengantisipasi el-Nino, perlu diambil langkah-langkah melakukan percepatan tanam, melaksanakan Gernas Padi, kemudian memastikan kesiapan Saprodi, Alsintan, Sarana Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT)/penanganan Dampak Perubahan Iklim (DPI) dan penanganan panen serta pasar.

Gubernur Arinal menginstruksikan upaya pengoptimalan lahan tadah hujan untuk percepatan pertanaman padi pada daerah yang curah hujannya masih cukup tinggi, serta pemanfaatan benih genjah yang toleran terhadap kekeringan dan tahan terhadap hama dan penyakit tanaman.

Gubernur Arinal juga menjelaskan agar dapat dilakukan optimalisasi pemanfaatan sumur pompa, sumur suntik, biopori, embung, dalam mendukung ketersediaan air serta meningkatkan jumlah kepesertaan petani yang ikut Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP).

Dan yang terakhir adalah upaya untuk meningkatkan koordinasi intensif dengan beberapa kecamatan yang terkait dengan pengairan untuk perbaikan drainase, optimalisasi infrastruktur dan penyiapan pompa air.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Arinal juga berpesan kepada segenap jajaran Pemerintah Kabupaten Tanggamus, Camat, serta Kepala Pekon di Kabupaten Tanggamus untuk saling bahu membahu menghadapi el nino.

“Menghadapi perubahan cuaca yang sedang terjadi, saya berharap agar hasil pertanian seperti Padi untuk tidak seluruhnya dikeluarkan, hal tersebut sebagai langkah antisipasi apabila terjadi krisis”, ujar Gubernur Arinal.

Gubernur Arinal berharap masing-masing daerah bergotong royong membantu daerah lain yang terkena dampak el nino dan membutuhkan bantuan.

Gubernur Arinal menyampaikan bahwa eksisting Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) yang dikelola PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Area Ulubelu secara nyata mampu mendorong pertumbuhan ekonomi secara lokal maupun nasional dapat menurunkan impor energi migas sehingga dapat menyeimbangkan neraca energi Indonesia dan mengurangi dampak lingkungan akibat penggunaan energi fosil.

“Pengembangan energi panas bumi secara signifikan harus diwujudkan di Kabupaten Tanggamus untuk menciptakan ketahanan energi melalui renewable energy secara mapan dan berkelanjutan,” tambah Arinal.

Gubernur Arinal menjelaskan progres Pembangunan infrastruktur khususnya jalan, Pemerintah Provinsi Lampung tahun ini telah melaksanakan pembangunan dan pemeliharaan di beberapa ruas jalan di Kabupaten Tanggamus yang menjadi kewenangan Provinsi antara lain, Pembangunan Jalan Talang Padang-Ngarip, Pembangunan Sp.Teluk Kiluan-Sp.Umbar, Pembangunan Kuripan-Sp.Kota Agung.

“Semoga pembangunan ruas jalan ini dapat memberikan dampak yang positif bagi keberlangsungan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kabupaten Tanggamus”, ujar Arinal.

Mengakhiri sambutannya, Gubernur Arinal berharap agar sinergi baik Pemeritnah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten dapat terus dilaksanakan sehingga menimbulkan pembangunan daerah yang optimal dan berkekanjutan.

Sementara itu, Bupati Tanggamus Dewi Handayani mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di Kabupaten Tanggamus.

“Terimakasih telah meluangkan waktunya untuk dapat bersilaturahmi dengan Pemerintah Kabupaten Tanggamus, beserta Camat, Kepala Pekon dan Masyarakat”, ujarnya.

Bupati Dewi menjelaskan bahwa masyarakat Kabupaten Tanggamus sangat berterimakasih atas perhatian yang diberikan Pemerintah Provinsi Lampung, terutama terkait perbaikan beberapa ruas jalan. Hal ini sangat berpengaruh pada arus transportasi serta berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Hal ini terwujud atas sinergi baik yang dilakukan Pemerintah Provinsi serta Pemerintah Kabupaten sehingga perbaikan beberapa ruas jalan yang ada di Kabupaten Tanggamus dapat terwujud,” ujar Dewi.

Salah satunya, lanjut Dewi, adalah ruas jalan Talang Padang – Ulu Belu dapat tembus ke Lampung Barat.
Acara ini juga yang dihadiri tersebut Wakil Bupati Kabupaten Tanggamus AM. Syafi’i.
(Adpim)

About The Author

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda...!