Satu Orang Warga Tuba Barat Positip Covid 19

Apakabar INDONESIA Tulangbawang Barat

TUBABA- Newskabarindonesia.com : Untuk pertama kali kabupaten Tulang Bawang Barat mendapat satu Kasus positif Virus Corona ( Covid-19), Demikian yang di sampaikan Kepala Dinas Kesehatan Majril saat jumpa Pers di Posko Satgas Terpadu Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di sesat Agung kompleks Dunia akhirat sore ini jam 17.30 wib, kamis 16/02/2020.

Pada jumpa pers yg di hadiri selain Kadis kesehatan juga hadir kadis Kominfo, kepala BPBD, TNI Polri dan termasuk dalam satgas gugus tugas.

Majril menjelaskan terkait satu Pasien PDP yg sudah di rawat selama 16 hari di RSUD Tubaba dan pada hari ini tgl 16 April 2029 dinyatakan positif terjangkit virus Corona sesuai dengan hasil sweb yg kita ambil hari Jumat dan Sabtu yg lalu dan kita kirim ke balai laboratorium kesehatan di Palembang.

Kronologis kejadian pasien 03 sdr S (64) pernah melakukan perjalanan ke Goa Sulawesi, pulang dari Goa yaitu tgl 18 maret 2020 dan selama 4 hari sdr.S mengalami demam dan kemudian pada tgl 26 Maret mengalami batuk dan demam dan sesak nafas dan pada 1 April di rujuk ke RSUD Tubaba.

Kemudian Tim medis lakukan revid tes di hari pertama hasilnya negatif, setelah 7 hari di lakukan Ronsen paru di temukan penomenia di samping kiri kanan paru paru sdr.S dan setelah 3 hari dilakukan Ronsen kembali dan di temukan gambaran yang menetap dan di tetapkan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP).

Selanjutnya tanggal 11 dan 12 April kita lakukan Sweb di ambil dari cairan Lendir dan kita kirim ke balai laboratorium di Palembang pada 13 April dan Pada hari ini tgl 16 April 2020 melalui Dinas kesehatan provinsi Lampung di Nyatakan Positif Covid-19 dan Mudah-mudahan Pasien 03 ini adalah yg pertama dan yang terakhir di Tubaba, ungkapnya.

Terkait Kesiapan RSUD Tubaba direktur RSUD mengatakan bahwa kesiapan Rumah Sakit Siap untuk menangani Pasien PDP maupun Positif, dan kita sudah menyiapkan 11 ruangan isolasi dan pada hari ini kita tambah lagi 8 ruangan di gedung A. Dan untuk APD hari ini kita siapkan 145 APD dan besok ada tambahan bantuan sebanyak 200 APD artinya dalam dua bulan kedepan kita siap dan secara umum bahwa RSUD Tubaba siap dengan kelengkapan nya, demikian ungkap nya.

Selanjutnya masih terkait Covid-19 dari BPBD kepala BPBD Tubaba mengatakan kita akan merubah SK Bupati yang sebelumnya status nya Siaga Darurat maka status nya kita naikkan menjadi Tanggap Darurat karena telah ada yang positif.

Terkait Himbauan untuk masyarakat TNI Polri menghimbau agar masyarakat tidak perlu Panik menghadapi ini cukup mematuhi Aturan apa yang telah di himbau melalui Pemerintah baik Pusat maupun daerah. ( Sayuti/Red).

About The Author

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda...!