Sekdakab Labuhanbatu Bersama OPD dan Siwwa-Siswi Hadiri Sosialisasi PTN dan Mahasiswa Berprestasi

Apakabar INDONESIA

Labuhanbatu, newskabarindonesia.com : Plt. Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe.ST di dampingi Sekdakab Labuhanbatu dan OPD bersama Siswa-Siswi SMA, SMK kabupaten setempat mengikuti sosialisasi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) dan mahasiswa berprestasi yang dilaksanakan di Ruangan Aula Asrama Haji Jalan Singamangaraja Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara Rabu (20/3/2019).

Sebagai Nara Sumber Rektor PTN Unimed DR. Restu, MS menyampaikan bahwa Pendaftaran PTN mulai tanggal 1 Maret sampai 1 April 2019 dan diharapkan supaya siswa kelas 3 SMA sederajat segera mendaftarkan diri dan jangan melewatkan kesempatan baik ini

Rektor. Restu,MS juga memaparkan, cara mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan berbagai jalaur untuk masuk PTN dan berharap agar anak Labuhanbatu memanfaatkan kesempatan ini demi nencapai cita – cita dan meningkatkan taraf hidup, kalaupun ada masalah keuangan jangan terus menyerah dan perputus asa tetapi lengkapi data – data yang menerangkan keluarga kurang mampu dan sampaikan ke PTN dan akan diverifikasi untuk dapat mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat maupun daerah.

Pemerintah pusat hanya membantu Biaya Oprasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) kepada PTN, tetapi kalau ada mahasiswa yang kurang mampu dapat menyampaikan data yang lengkap agar dapat bantuan dengan biaya kuliah tidak lebih dari 500 ribu setiap satu semester, kalau dihitung – hitung hanya empat ribu perhari, jelas DR. Restu, MS

Rektor Unimed ini juga menyampaikan Apresiasi kepada Plt. Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST. MT yang sangat perduli dengan pendidikan yang telah merencanakan mengeluarkan Peraturan Bupati atau daerah perubahan tentang pemberian beasiswa bagi siswa kurang mampu dan siawa berprestasi baik kuliah diperguruan tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS), ungkap DR. Restu, MS

Pada kesempatan tersebut juga diberikan kesempatan kepada peserta soaialisasi untuk menyampaikan pertanyaan langsung kepada narasumber dari Rektor Unimed tersebut.

Pada kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh sisawa dsri SMA Negeri 1 Rantau Utara Serina, Fidua Cahyani dan Nada Natasiki siswa SMA Negeri 1 Rantau Selatan.

Dari pertanyaan yang disampaikan DR. Restu, MS menyampaikan bahwa pemerintah memberikan kemudahan bagi siswa yang mau melanjutkan ke perguruan tinggi supaya bagi siswa yang tamat tahun ini memperoleh kesempatan untuk menerukan pendidikan ke perguruan tinggi, pemerintah pusat dan daerah sudah mempersiapkan anggaran untuk bantuan siswa berprestasi dan kurang mampu, dan proses seleksi masuk PTN dilaksanakan dengan profrsional dengan sistem komputerisasi untuk menghindari KKN.

Plt.Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST. MT menyampaikan bahwa regulasi pemberian beasiawa untuk PTN dan PTS belum pinal tetapi dalam waktu dekat ini akan dibuat Peraturan Bupati (Perbub) perubahan bahwa semua dapat beasiswa baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta baik yang berpretasi dan yang kurang mampu, bagi yang berprestasi denga IP 3,5 dan anak anak kita yang sudah kuliah juga yang berprestasi juga mendapat beasiswa.

H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST. MT juga menambahkan kalau Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu sudah mempersiapkan anggaran untuk beasiswa anggaran dari APBD sebesar Tujuh Millyard yang akan disalurkan Satu Millyard untuk beasiswa mahasiswa kurang mampu, dan enam Millyard untuk mahasiswa yang berpretasi baik di PTN maupun PTS.

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh perwakilan dari Polres Labuhanbatu, perwakilan dari Kodim 0209/LB, mewakili Ketua Pengadilan Negeri Rantauprapat, Sekda Kab Labuhanbatu seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Protokoler, Insan Pers,dan guru pendamping siswa. (A.Rico/Red)

About The Author

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda...!