Jenderal TNI Purnawirawan Dr. Moeldoko S.I.P Berikan Kuliah Umum Tantangan Ketahanan Nasional Masa Kini

Apakabar INDONESIA

Jakarta, newskabarindonesia.com : Pusat Kajian Ketahanan Nasional CSGS-UI, siang tadi memberikan Kuliah Umum dari Jenderal TNI (purn) Dr. Moeldoko S.I.P. yang bertema Tantangan Ketahanan Nasional Masa Kini. Di Ruang Gedung IASTH Kampus UI Salemba Jakarta Pusat Kamis, (17/10/2019).

Beberapa kajian yang dipaparkan Jenderal TNI (purn) Dr. Moeldoko S.I.P yang diberi aplaus tepuk tangan para hadirin.

“Kalau kita menyiapkan sebuah negara yang punya daya tarik bagi investor, maka kita harus memiliki dan menyiapkan sesuatu,” ucapnya.

Satu investor datang ke Indonesia yang ditanyakan yang pertama bagaimana stabilitasnya, itu stabilitasnya seperti apa, stabilitas politiknya seperti apa, stabiltas ekonominya seperti apa, itu pasti. Terangnya.

“Kedua ada ga kepastian, yang Ketiga, biaya logistiknya rendah atau tidak. Kalau tiga hal ini tidak digunakan dengan baik, maka kita akan ketinggalan,” paparnya.

Seperti contoh baru-baru ini terjadi,
ada perusahaan-perusahaan dari China harus remove pindah dari ke relokasi dari negaranya, ternyata tidak ada satupun yang datang ke Indonesia.

Dua puluh ke Vietnam dan tiga belas lainnya ke negara Thailand, Filipina. Tutur Moeldoko dalam uraiannya.

“Untuk itu sekarang ini Presiden sedang kerja keras, berbagai regulasi regulasi yang nyatanya menghambat investasi. itu yang akan dibabat semua nanti,” tambahnya.

Nanti berbagai UU yang menghambat akan ditengahi.harus ada kepastian dan yang kedua ada stability, dan yang ketiga harus ada effisiensi, ujar Moeldoko menambahkan.

Bisa diikuti pertumbuhan ekonomi yang baik. Dengan otonomi sekarang, kita menghadapi situasi karena banyaknya peraturan-peraturan yang ada di daerah itu, sungguh-sungguh pusing kepala kita. Kita mau maju investasi dibelenggu aturannya.

“Begitulah saat ini Presiden menata itu dengan sebaik-baiknya. Bagaimana indikator ketahanan nasional di bidang teknologi dan bagaimana strategi dari pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan tersebut,” ujar Moeldoko yang disambut tepuk tangan hadirin.

Demikian acara Kuliah Umum Sekolah Kajian Strate Global Universitas Indonesia Program Studi Ketahanan Nasional bekerjasama dengan Pusat Kajian Ketahanan Nasional Universitas Indonesia yang diprakarsai Dr. Ariasa Hadibroto selaku Ketua Pusat Kajian Ketahanan Nasional UI. (NVD/EVA)

About The Author

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda...!