Kesbangpol Lampung Utara Gelar Pelatihan Dasar Kepemimpinan

Apakabar INDONESIA Lampung Utara

Lampung Utara – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Lampung Utara menyeleggarakan kegiatan Pelatihan Dasar Kepemimpinan yang dilaksanakan di SMA Hang Tuah Prokimal, Kecamatan Kotabumi Kabupaten setempat. Kamis (29/8/2019).

Pelatihan tersebut di ikuti sebanyak 150 peserta berasal dari pelajar sekolah menengah atas (SMA), Organisasi Masyarakat (Ormas) FKPPI, Pemuda Pancasila, Pemuda Panca Marga, SENKOM Mitra Polri, LDII, dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dengan pemateri Kepala Kimal Lampung, Letkol. Laut (KH), Sri Depranoto, S. Ag., M. Pd.

Dalam itu Bupati Lampung Utara yang diwakili Asisten II, Toto Sumedi, MM., menyampaikan, pendidikan dasar kepemimpinan (Diksarpim) menjadi satu landasan penting bagi pemuda maupun pelajar guna menjalankan roda organisasi.

“Kegiatan ini dapat menjadi satu pengetahuan yang mampu menempa diri calon pemimpin. Dalam kegiatan ini akan diketahui bagaimana cara mengatasi berbagai dinamika organisasi dalam pandangan seorang pemimpin yang memiliki visi dan misi bersama dalam satu manajemen organisasi,” ujar Toto Sumedi, menyampaikan amanat Bupati Lampura, Kamis, (29/8/2019).

Sementara itu, Kepala Kimal Lampung, Letkol. Laut (KH), Sri Depranoto, S. Ag., M. Pd., selaku keynote speaker Diksarpim bagi Pemuda, Pelajar, dan Organisasi ini, dalam materi yang disampaikannya, menjabarkan, seorang calon pemimpin harus memiliki pandangan inovatif dan berjiwa kreatif.

“Ciptakan hal-hal baru untuk memajukan sebuah organisasi. Seorang pemimpin harus dapat menjadi contoh dan teladan yang baik terhadap orang-orang yang dipimpinnya. Biasakan yang benar dan jangan membenarkan yang biasa,”ujarnya.

Sri Depranoto, yang juga Pembina Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Lampura, menambahkan seorang pemimpin tidak boleh diam dan dilayani, tapi harus kreatif dan inovatif, serta menjadi pelayan terhadap orang-orang yang dipimpinnya.

“Untuk apa jadi tongkol kalau kita hanya buntutnya, tapi jadilah teri tapi kita kepalanya. Jadilah pemimpin yang amanah. Karena, kepemimpinan kita itu akan diminta pertanggungjawabannya di hadapan Allah SWT kelak. Dan, setiap zaman ada masanya dan setiap masa ada pemimpinnya,” pungkasnya.(Bib/Yn).

About The Author

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda...!