HUT ke-58, Provinsi Lampung Menjadi Movement Area Penyelenggaraan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Bandar Lampung

Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Provinsi Lampung, Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi lakukan Kick Off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) Tahun 2022, di Mahan Agung, Rumah Dinas Gubernur Lampung, Bandarlampung, Kamis (17/3/2022).

“Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung saya mengucapkan terimakasih, karena bertepatan dengan HUT ke-58 Provinsi Lampung yang kita cintai ini Provinsi Lampung menjadi movement area dari penyelenggaraan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) di Tahun 2022. Hal ini juga menjadi salah satu bentuk hadiah bagi HUT Lampung yang ke-58,” kata Gubernur Arinal mengawali sambutannya.Menurut Arinal Perayaan Hari Jadi Provinsi Lampung pada tahun ini adalah wujud rasa syukur, sekaligus doa agar Provinsi Lampung selalu dilimpahkan keselamatan serta rahmat dari Allah SWT.

Adapun Kick Off Gernas BBI akan diselenggarakan sebagai tahap awal peluncuran dari serangkaian kegiatan, sampai pada saatnya nanti Acara Puncak pada bulan Juni 2022 yang rencanannya akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Lampung juga mengucapkan apresiasi kepada Pemerintah Pusat, jajaran Pemerintah Provinsi Lampung, Pemerintah Kabupaten/Kota, dan seluruh masyarakat, yang mana walau di masa pandemi yang cukup berat, kita semua tetap berusaha memberikan yang terbaik bagi Lampung tercinta.

“Alhamdulillah berkat dukungan dan kerja keras kita semua, maka Provinsi Lampung dapat menorehkan prestasi melalui beberapa penghargaan di tahun 2021,” kata Gubernur

Adapun beberapa penghargaan yang berhasil diperoleh Pemerintah Provinsi Lampung Pada tahun 2021 antara lain :1. Produksi padi tertinggi secara nasional sebesar 22,47%, diapresiasi oleh Presiden RI melalui penghargaan Abdi Bhakti Tani.
2. 10 Besar Provinsi terbaik Pembangunan Daerah Tahun 2021 dari Presiden RI.
3. Anugerah Paramakarya Tahun 2021 dari Kementerian Ketenagakerjaan RI.
4. Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI
5. Penghargaan TPAKD Award kategori penyedia akses keuangan sektor pertanian.
6. Penghargaan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Award 2021
7. Juara Umum Teknologi Tepat Nasional 2021
8. Penghargaan Terbaik Pengelolaan APBD Tingkat Nasional serta 7 kali berturut-turut memperoleh WTP
9. Mencapai rekor tertinggi untuk kinerja nilai ekspor Provinsi Lampung di Tahun 2021, yakni sebesar 4,8 miliar USD.
10. Program Klaster pangan strategis tahun 2021 kepada KPT Maju Sejahtera Lampung Selatan.
11. Juara Terbaik I UMKM Terinovatif Bank Indonesia bekerjasama dengan Kementerian dan Perikanan Republik.Tentunya selain penghargaan tersebut, menurut Gubernur masih banyak capaian lain di beberapa pilar pembangunan yang diraih oleh Provinsi Lampung. Jika dilihat berdasarkan ekonomi secara makro, pada tahun 2021 Provinsi Lampung sukses mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang positif sebesar 2,79 % setelah sebelumnya sempat menurun di Tahun 2020 sebesar -1,67 %. Sejalan dengan hal tersebut, terjadi peningkatan pendapatan per kapita masyarakat sebesar 0,04 % dan peningkatan nilai Indeks Pembangunan Manusia menjadi 69,90 pada Tahun 2021.Kemudian terkait Gernas BBI Provinsi Lampung Tahun 2022 yang mengangkat tema Satu Bumi Juta Karya, melalui event Lampung Begawi Festival atau Lagawi Fest. Menurut Gubernur, sepatutnya kita berbangga, karena Provinsi Lampung merupakan Provinsi ke-5 di Pulau Sumatera setelah Provinsi Jambi, Kepulauan Riau, Sumatera Barat dan Bangka Belitung yang ditunjuk sebagai Host Gernas BBI Tahun 2022.

Pada penyelenggaraan kick off BBI 2022 #Lagawifest yang bertepatan dengan perayaan Hari Jadi Provinsi Lampung ke-58, dilakukan penyematan Duta BBI oleh Menperin yang diwakili oleh Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Dirjen IKMA) Kemenperin Reni Yanita kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, Pimpinan Mall MBK, dan Perwakilan Influencer, yang menandakan komitmen pemerintah daerah dalam kampanye Gernas BBI. (W9-jam)

About The Author

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda...!